Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Wow! 40 Pria dan 60 Wanita Akan Saling Tarik dalam Omedan-omedan

Wow! 40 Pria dan 60 Wanita Akan Saling Tarik dalam Omedan-omedan

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 14 Maret 2015 | 9:36:00 AM

Prosesi Omed omedan
DENPASAR - Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Kelurahan Sesetan kembali menggelar Omed-omedan sehari setelah Hari Raya Nyepi, pada Minggu (22/3/2015) mendatang.

Omed-Omedan merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun setelah Hari Raya Nyepi, yakni pada hari ngembak geni untuk menyambut tahun baru saka.

Ketua ST Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Kelurahan Sesetan, Arya Wirianata memaparkan, pelaksanaan Omed-omedan melibatkan sekaa teruna teruni atau pemuda-pemudi yang berumur 17 hingga 30 tahun dan belum menikah.

Prosesi omed-omedan dimulai dengan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan. Usai sembahyang, peserta dibagi dalam dua kelompok, laki-laki dan perempuan.

Kedua kelompok tersebut mengambil posisi saling berhadapan di jalan utama desa. Dua kelompok setelah seorang sesepuh memberikan aba-aba, kedua kelompok saling berhadapan. Peserta upacara ini terdiri dari 40 pria dan 60 wanita. Sisa peserta akan dicadangkan untuk tahap berikutnya.

"Cara omed-omedan ini adalah tarik-menarik menggunakan tangan kosong antara pria dan wanita dan disirami air," ungkapnya, Jumat (13/3/2015) di Denpasar, Bali.

Untuk lebih meriahkan acara Omed-omedan pihaknya mengaku akan menggelar berbagai parade kesenian Bali yang melibatkan 10 sekaa Teruna yang ada di Keluarhan Sesetan. Selain itu dalam acara itu juga akan diselenggarakan musik bumbang yang juga merupakan ciri khas Kelurahan Sesetan.

“Tradisi Omed-omedan akan kita terus lestarikan dan generasi muda semakin berkreasi lagi,” harapnya.

Ia juga menambahkan, agar prosesi Omed-omedan bisa didokumentasikan dengan baik, pihaknya telah menyediakan tempat yang strategis bagi media, sehingga bisa mengambil gambar dengan baik.






sumber : tribun
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Dua Pemancing Tergulung Ombak Di Tanah Lot Masih Misteri

Dua Orang Hilang di Lautan Tanah Lot, Terungkap Fakta: Istri Melarang dan Pesan Perhatikan Ombak TABANAN - Sekitar sembilan jam lamany...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen