Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Penyair "Lukis" Wajah Denpasar Dalam Bait Puisi

Penyair "Lukis" Wajah Denpasar Dalam Bait Puisi

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 29 Desember 2012 | 2:57:00 PM

Sabtu, 29 Desember 2012 | 15:09

Gbr Ilustrasi - "Kalau selama ini, wajah atau dinamika kota Denpasar dilukiskan dalam foto, buku sejarah, monografi, laporan statistik, maka antologi ini mengabadikan Denpasar dan sekitarnya lewat untaian dan kekuatan kata-kata," imbuh penulis buku A Literary Mirror; Balinese Reflections on Modernity and Identity in the Twentieth Century (KITLV Press 2011) ini.
DENPASAR - Denpasar dan Sanur sebagai kota wisata, kota sejarah, dan kota kenangan yang inspiratif dilukiskan dalam bait-bait puisi oleh 45 penyair. Antologi puisi "Dendang Denpasar Nyiur Sanur" ini akan diterbitkan di sela-sela pagelaran Denpasar Festival 2012, Minggu (30/12/2012). Uniknya, dari 105 karya puisi dalam Dendang Denpasar Nyiur Sanur ini, beberapa karya di antaranya merupakan karya lama yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

"Ada karya dari tahun 1957, dari tahun 1966," ujar editor antologi puisi, Darma Putra, di Denpasar, Sabtu (29/12/2012).

Dosen Fakultas Sastra Unud ini mengungkapkan, gagasan awal dan tujuan dari penyusunan antologi ini adalah untuk menyelamatkan karya puisi bertema Denpasar yang terbit di masa lalu. "Puisi kan juga warisan budaya yang perlu diselamatkan untuk dinikmati generasi kini dan mendatang," jelasnya.

"Kalau selama ini, wajah atau dinamika kota Denpasar dilukiskan dalam foto, buku sejarah, monografi, laporan statistik, maka antologi ini mengabadikan Denpasar dan sekitarnya lewat untaian dan kekuatan kata-kata," imbuh penulis buku A Literary Mirror; Balinese Reflections on Modernity and Identity in the
Twentieth Century (KITLV Press 2011) ini.

Para penyair yang karyanya terkumpul dalam antologi ini antara lain Putu Fajar Arcana, Umbu Landu Paranggi, Lilik Mulyadi, Oka Rusmini, Alit S Rini, Warih Wisatsana, Tan Lio Ie, Ni Made Purnamasari, Frishca Aswarini, Nyoman Bawa, Ketut Yuliarsa, dan Acep Zamzam Noor.



Dre@ming Post______
sumber : kompas
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Gunung Agung Status Awas, Area Steril 12 Km, Pengungsi Diperkirakan 100 Ribu Orang

Bupati Mas Sumantri saat kunjungi warganya yang mengungsi di Buleleng (kiri). Walikota IB Rai Mantra saat mengunjungi pengungsi di kawasan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen