Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Majuterusss....Koalisi Besar Final

Majuterusss....Koalisi Besar Final

Written By Dre@ming Post on Jumat, 28 Desember 2012 | 8:38:00 AM

Jumat, 28 Desember 2012, 08:39

Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta, yang juga hadir maturan di Kantor DPD I Golkar Bali kemarin, mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan pusat soal siapa pun yang diberikan rekomendasi sebagai Cawagub pendamping Pastika. Mudarta sendiri menyatakan siap mendampingi Pastika di posisi Cawagub, jika dikehendaki.
DENPASAR - Final sudah rancangan koalisi besar yang dimotori Golkar untuk tarung head to head melawan PDIP di Pilgub Bali 2013. Golkar dan Demokrat sudah sepakat bersatu mengusung kandidat incumbent Made Mangku Pastika sebagai Calon Gubernur (Cagub), tinggal tunggu bergabungnya Gerindra, Hanura, dan parpol lain. Bahkan, Kamis (27/12), Mangku Pastika dan sejumlah petinggi Demokrat sudah ikut maturan (sembahyang) di Kantor DPD I Golkar Bali.

Ketua DPD I Golkar Bali, Ketut Sudikerta, menegaskan koalisi besar parpol untuk usung Mangku Pastika ke Pilgub 2013 sudah final. “Koalisi besar itu sudah final jauh hari sebelumnya. Kami (Golkar dan Demokrat) tinggal bertemu Gerindra, Hanura, dan partai lainnya yang ingin gabung di koalisi besar,” jelas Sudikerta di sela ritual puncak Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Alit, lan Caru Wraspati Kalpa di Padmasana Kantor DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati 9 Denpasar pada Wraspati Kliwon Kelawu, Kamis kemarin.

Hanya saja, sejauh ini belum ditetapkan siapa yang akan dipercaya sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendamping Pastika untuk diusung koalisi besar di Pilgub Bali, 15 Mei 2013 mendatang. Menurut Sudikerta, masalah posisi Cawagub tandem Pastika ini masih akan dibicarakan dengan Demokrat.

“Demokrat juga masih melaporkan ke Majelis Tinggi (yang dipimpin langsung Presiden SBY), sesuai mekanisme di sana. Kalau kita di Golkar tidak ada masalah lagi soal Cawagub, tinggal menunggu persetujuan
DPP Golkar saja,” ujar Sudikerta yang juga Wakil Bupati Badung.

Sudikerta menyebutkan, di internal partainya ada empat kader Golkar yang disiapkan sebagai tandem Pastika di posisi Cawagub. Termasuk di antaranya Bupati Karangasem Wayan Geredeg, Bupati Badung AA Gde Agung, dan Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace. "Kader yang kami ajukan sebagai Cawagub tentunya yang sudah berpengalaman di kancah politik dan birokrasi," tandas politisi Golkar asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini.

Sementara, Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta, yang juga hadir maturan di Kantor DPD I Golkar Bali kemarin, mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan pusat soal siapa pun yang diberikan rekomendasi sebagai Cawagub pendamping Pastika. Mudarta sendiri menyatakan siap mendampingi Pastika di posisi Cawagub, jika dikehendaki.

"Partai kami sudah sepakat berkoalisi dengan Golkar untuk mengusung Mangku Pastika sebagai Cagub Bali. Soal siapa pendamping Mangku Pastika, kami masih menunggu keputusan dari pusat (DPP Demokrat),” tegas Mudarta. Di sisi lain, Pastika mengaku belum berani menentukan kendaraan politik mana yang akan ditungganginya dalam Pilgub Bali 2013. "Saya masih menunggu. Pendaftaran Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur waktunya masih sebulan ke depan. Sekarang saya masih menjabat Gubernur hingga Agustus 2013 mendatang," ujar Pastika.

Yang pasti, Pastika siap maju lagi ke Pilgub Bali 2013, karena merasa masih banyak program pembangunan yang belum selesai. "Program-program yang saya rancang untuk memajukan masyarakat Bali masih perlu dilanjutkan lagi. Karena itu, saya siap maju lagi ke Pilkada mendatang," tegas Pastika.

Lalu, siapa figur yang dianggap cocok untuk mendampingi di posisi Cawagub? Menurut Pastika, siapa saja bisa, asalkan figur bersangkutan memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan masyarakat Bali. "Saya mencari pendamping orang yang semangat dan cekatan dalam menindaklanjuti program-program pemerintah," ujar Pastika.

Sementara itu, Pastika sudah merapat ke Golkar, meskipun mengaku belum menentukan kendaraan politik menuju Pilgub Bali 2013. Kamis kemarin, Pastika menghadiri ritual puncak Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Alit, lan Caru Wraspati Kalpa di Padmasana Kantor DPD I Golkar Bali, bersama sederet tokoh politik lintas parpol.

Mereka yang hadir maturan di Kantor DPD I Golkar Bali selaku undangan, antara lain, Ketua DPD Demlkrat Bali Made Mudarta, Ketua Majelis Daerah Demokrat Bali I Gusti Bagus Alit Putra, Bupati Badung Anak Agung Gde Agung, Bupati Karangasem Wayan Geredeg, hingga Bupati Gianyar Cok Ace, dan Wakil Bupati Badung ketut Sudikerta yang Ketua DPD I Golkar Bali. Hanya saja, dus esepuh Beringin yang mantan ketua DPD I Golkar Bali, I Gusti Ngurah Alit Yudha dan Cokorda Gede Budi Suryawan, berhalangan hadir.

Usai persembahyangan dipuput Ida Pedanda Putra Bajing (sulinggih dari Geriya Tegal Jingga Denpasar) kemarin, para undangan termasuk Pastika dijamu di ruangan khusus Kantor DPD I Golkar Bali. Pastika duduk berdampingan dengan Bupati Gde Agung, yang disebut-sebut masuk kandidat kuat Cawagub dari Golkar, sambil ngobrol akrab bersama Bupati Geredeg, IGB Alit Putra, dan Made Mudarta. 

Dre@ming Post______
sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Gunung Agung Status Awas, Area Steril 12 Km, Pengungsi Diperkirakan 100 Ribu Orang

Bupati Mas Sumantri saat kunjungi warganya yang mengungsi di Buleleng (kiri). Walikota IB Rai Mantra saat mengunjungi pengungsi di kawasan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen