Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Kaum Muda Belajar Radikalisme dari Internet

Kaum Muda Belajar Radikalisme dari Internet

Written By Dre@ming Post on Jumat, 19 Oktober 2012 | 7:35:00 AM

Jumat, 19 Oktober 2012 06:09

ist
DENPASAR - Radikalisme kaum muda kerap muncul setelah mendapatkan berbagai informasi melalui dunia maya. Repotnya, para kelompok teroris bisa belajar merakit bom hanya belajar melalui internet.

"Semua elemen masyarakat mulai dari keluarga, sekolah, lembaga agama perlu waspada terhadap fenomena seperti itu karena bisa saja hal tersebut terjadi di sekitar kita. Dan kita sendiri tidak tahu jika anak, saudara, atau teman dekat kita melakukan hal yang tidak terpuji," ujar Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan Idris di Denpasar, Bali, Kamis (18/10).

Saat ini, lanjut Irfan, para teroris sudah memanfaatkan kegiatan dunia maya untuk melakukan propaganda, rekrutmen, pelatihan militer, pembuatan bom, pencurian atau pembobolan rekening, pencarian dana dan sebagainya. Sasaran mereka adalah generasi muda.

Dalam berbagai media online tersebut, lanjut dia, dibahas berbagai ideologi radikalisme, kebencian agama tertentu, pemerintahan yang kafir, menebarkan benih permusuhan dan kekacauan. "Sudah banyak situs, laman yang terdeteksi. Namun, yang namanya teknologi informasi, bisa saja mereka mengatur ulang dengan
nama yang berbeda," ujarnya.

BNPT, lanjut dia, sudah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memproteksi dan memblokir laman yang berbau propaganda terhadap aksi terorisme. "Sekarang sudah merambah dan memanfaatkan media daring. Memanfaatkan jaringan internet untuk menyebarkan paham terorisme. Itu harus dapat kami cegah," tambahnya.

sumber : MICOM
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Guru Piduka Dilaksanakan di Pura Penataran Agung Besakih Mohon GA Tak Meletus

Ritual guru piduka di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (18/11) Di...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen