Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Elite PDIP Terkejut

Elite PDIP Terkejut

Written By Dre@ming Post on Selasa, 18 September 2012 | 8:47:00 AM


Selasa, 18 September 2012, 08:59

DENPASAR - Informasi soal Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menanyakan kondisi kesehatan Gubernur Made Mangku Pastika, membuat terkejut kalangan elite Partai Banteng Gemuk di Bali. Pasalnya, hal ini pertanda rekomendasi tiket Calon Gubernur (Cagub) Bali menuju Pilgub 2013 akan dijatuhkan DPP PDIP kepada Pastika.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali, Ketut Tama Tenaya, menyatakan pertanyaan Megawati soal kondisi kesehatan Pastika punya makna khusus. Dalam hal ini, Megawati menaruh perhatian kepada Pastuka dan berharap kandidat incumbent maju lagi sebagai Cagub ke Pilgub Bali 2013 dengan kendaraan PDIP.

“Terserah bagaimana kita menganalisa. Tapi, bola itu ada di tangan DPP PDIP dan Ketua Umum Ibu Megawati. Soal siapa nantinya yang akan direkomendasi sebagai Cagub Bali 2013, kita kan nggak tahu ini,” terang Tama Tenaya yang juga Bendahara DPD PDIP Bali menjawab di Denpasar, Senin (17/9).

Menurut Tama Tenaya, rekomendasi paket Cagub-Cawagub (Calon Wakil Gubernur) Bali baru akan dibahas DPP PDIP, Oktober 2012 mendatang. Kemungkinan, pembahasan masalah Cagub-Cawagub Bali ini dilakukan saat digelarnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, yang dijadwalkan 13 Oktober 2012.

“Gayanya Ibu Mega kan gitu. Biasanya, saat kita kumpul, dipanggil-lah semua untuk diajak bicara. Di situ Ibu Mega akan menanyakan kepada DPD PDIP, bagaimana masalah Calon Gubernur Bali? Kalau sudah begitu, semakin dekatlah keputusan rekomendasi itu,” tandas Tama Tenaya. “Saya yakin semua kandidat pasti
dipanggil Ibu Mega,” lanjut mantan Wakil Ketua DPRD Badung ini.

Ada tiga kandidat Cagub yang namanya disetorkan Tim Penjaringan Calon DPD PDIP Bali ke DPP PDIP untuk dipilih. Mereka masing-masing Mangku Pastika (Gubernur Bali saat ini yang diusung PDIP), AA Ngurah Puspayoga (elite PDIP yang kini Wakil Gubernur Bali), dan Wayan Candra (Bupati Klungkung yang juga Ketua DPC PDIP Klungkung).

Sedangkan untuk posisi Cawagub, ada enam figur pelamar yang disetor Tim Penjaringan Calon DPD PDIP Bali ke DPP PDIP. Mereka, antara lain, I Made Arjaya (kader militan PDIP yang kini Ketua Komisi I DPRD Bali), Ni Made Sumiati (Srikandi PDIP yang kini anggota Komisi I DPRD Bali), Ida Ayu Kondi Indra Santosa (Srikandi PDIP mantan caleg kursi DPR di Pileg 2009), I Putu Parwata (anggota Fraksi PDIP DPRD Badung), dan I Gusti Ngurah Arya Wedakarna (Ketua DPD PNIM Bali).

Belakangan, sempat beredar rumor bahwa kandidat incumbent Mangku Pastika sudah 90 persen terdepak dari PDIP, hingga muncul gerakan koalisi parpol untuk menyambarnya. DPP PDIP disebut-sebut akan menjatuhkan rekomendasi tiket Cagub Bali ke Pilgub Bali 2013 kepada AAN Puspayoga, yang terlibat perseteruan dengan Pastika.

Namun, seorang elite PDIP Bali menyebutkan Megawati sudah menanyakan kondisi kesehatan Pastika. Menurut dia, Megawati selaku Ketua Umum DPP PDIP bahkan beberapa kali menanyakan kondisi kesehatan Pastika. Termasuk ketika Megawati terakhir kali liburan di Bali bersama keluarganya, sebulan lalu.

“Itu menandakan peluang Pak Mangku Pastika di PDIP belum tamat. Kalau Ibu Mega sampai menanyakan kesehatannya, berarti ada perhatian dan harapan agar Pak Mangku Pastika bisa maju lagi sebagai Cagub Bali yang diusung PDIP ke Pilgub 2013,” terang elite PDIP yang wanti-wanti namanya suapaya tidak dikorankan ini.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Calon DPD PDIP Bali Wayan Sutena menyatakan, berdasarkan pengalaman dirinya mengikuti proses rekomendasi kepada calon kepala daerah yang berproses di DPP PDIP, keputusan final ada di tangan Megawati. Kalau sudah dipanggil Megawati ke DPP PDIP, menurut Sutena, barulah bisa dipastikan kandidat bersangkutan dapat rekomendasi. Sutena menegaskan, kalau hanya sebatas menanyakan kondisi kesehatan sebagaimana dilakukan Megawati terhadap Pastika, hal itu sifatnya normatif. Itu biasa, Ketua Umum DPP PDIP menanyakan kondisi kesehatan Gubernur yang diusung partainya. Jadi, pertanyaan Megawati bukan serta merta berarti Pastika akan direkomendasi sebagai Cagub Bali 2013.

“Sepanjang yang saya tahu, siapa yang akan dapat rekomendasi sebagai Cagub, pastilah dipanggil ke Jakarta,” tandas Sutena yang mantan Ketua DPRD Klungkung 1999-2004, Senin kemarin. Menurut Sutena, menegaskan tiga nama kandidat Cagub Bali ke Pilgub 2013 sudah dikirimkan Timn penjaringan Calon DPD PDIP ke DPP PDIP, yakni Pastika, Puspayoga, dan Wayan Candra. “Nanti semuanya dipanggil. Kalau tugas kami sebagai tim penjaringan calon di DPD PDIP Bali, sudah selesai. Kan tinggal tunggu saja, nanti ada survei, dan setelah itu dibahas di DPP PDIP,” tegas politisi PDIP asal Desa Tegak, Kecamatan Klungkung ini.

Terus, apa artinya Megawatiu menanyakan kesehatan Pastika? “Kalau soal itu, saya no comment dulu. Karena itu bukan kewenangan saya menanggapi. Kecuali kalau rekomendasi sudah lahir dan diterbitkan DPP PDIP, barulah nanti saya bisa ngomong. Yang pasti, siapa pun yang direkomendasi DPP PDIP, tugas saya ya harus kerja keras dan wajib mengamankannya,” ujar Sutena yang juga mantan Ketua DPC PDIP Klungkung.

 Dre@ming Post______
sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Titib Batal Gelar Diksa Pariksa, Ketua Panitia "Sayangkan" Pernyataan Ketua PHDI

Ida Bawati Made Titib bersama istrinya batal gelar diksa pariksa pad...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen