Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , , , » 17 Gubernur Ajukan Cuti Kampanye, Mangku Pastika dan Sudikerta Juga

17 Gubernur Ajukan Cuti Kampanye, Mangku Pastika dan Sudikerta Juga

Written By Dre@ming Post on Jumat, 14 Maret 2014 | 7:33:00 AM

Sebanyak 17 Gubernur dan 5 Wakil Gubernur se-Indonesia telah mengajukan izin cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemengadri) untuk kampanye Pileg 2014. Termasuk di antaranya Gubernur Bali Made Mangku Pastika (Demokrat) dan Wagub Bali, Ketut Sudikerta (Golkar).
DENPASAR - Sebanyak 17 Gubernur dan 5 Wakil Gubernur se-Indonesia telah mengajukan izin cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemengadri) untuk kampanye Pileg 2014. Termasuk di antaranya Gubernur Bali Made Mangku Pastika (Demokrat) dan Wagub Bali, Ketut Sudikerta (Golkar).

"Data terakhir hari ini (kemarin) ada 17 Gubernur dan 5 Wagub yang meminta izin cuti kampanye ke Mendagri (Gamawan Fauzi)," ungkap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Didik Suprayitno, di Jakarta, Kamis (13/3). Di antara 17 Gubernur se-Indonesia yang mengajukan cuti kampanye itu termasuk Gubernur Bali Mangku Pastika. Saat ini, Gubernur Pastika menduduki posisi anggota Dewan Pembina DPP Demokrat. Dalam Pileg 2014 nanti, Pastika akan menjadi juru kampanye (jurkam) bagi Demokrat. Sedangkan Wagub Bali, Ketut Sudikerta, juga telah mengajukan cuti kampanye Pileg 2014. Maklum, Wagub Sudikerta yang mantan Wakil Bupati Badung dua kali periode saat ini menjabat sebagai Ketua DPD I Golkar Bali.

Dalam daftar yang dirilis Kemendagri, 16 kepala daerah provinsi lainnya yang juga mengajukan curi untuk kampanye Pileg 2014 di samping Pastika, masing-masing Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng/PDIP), Soekarwo (Gubernur Jatim/Demokrat), Ahmad Heryawan (Gubernur Jabar/PKS), M Zainul Majdi (Gubernur NTB/Golkar), Frans Lebu Raya (Gubernur NTT/PDIP), Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar/PKS), Alex Noerdin (Gubernur Sumsel/Golkar), Cornelis (Gubernur Kalbar/PDIP), Rudi Arifin (Gubernur Kalsel/PPP), Longki Djanggola (Gubernur Sulteng/Gerindra), Anwar Adnan Saleh (Gubernur Sulbar/Golkar), Gatot Puji Nugroho (Gubernur Sumut/PKS), Hasan Basri Agus (Gubernur Jambi/Demokrat), Sjachroedin (Gubernur Lampung/PDIP), Nur Alam (Gubernur Sultra/PAN), dan Rusli Habibie (Gubernur Gorontalo/Golkar). Menurut Didik, hak cuti kepada pejabat negara termasuk Gubernur/Wagub bisa diberikan sebanyak dua hari kerja dalam sepekan. Sedangkan permohonan cuti paling lambat diserahkan 12 hari sebelum pelaksanaan kampanye Pileg 2014.

Masa kampanye Pileg sendiri akan dimulai 16 Maret 2014 dan berakhir 5 April 2014. Sementara, Hanura akan habis-habisan di Bali dalam kampanye Pileg 2014. Berdasarkan data yang diperoleh di Jakarta, kamis kemarin, Ketua Umum DPP Hanura Wiranto akan terjun ke Bali sebagai jurman untuk partainya. Bukan tanggung-tanggung, Wiranto (Win) akan terjun ke Bali bersama Hary Tanoesoedibjo (HT). Win-HT ini sudah dideklarasikan Hanura sebagai Capres-Cawapres untuk Pilpres 2014. "Pasangan Capres-Cawapres (Win-HT) kami pasti turun ke Bali, termasuk saya sebagai Korwil," ungkap Korwil Bali-NTB-NTT DPP Hanura, Ketut tastra Sukata. Menurut politisi Hanura asal Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng ini, Win-HT diagendakan akan kampanye di Gianyar pada 25 Maret 2014. Sebaliknya, sang juara bertahan Demokrat akan menerjunkan Sekretaris Majelis Tinggi DPP Demokrat, Jero Wacik, untuk kampanye di Bali.

Selain Jero Wacik yang kini Menteri ESDM, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Demokrat Putu Suasta juga akan terjun kampanye ke Bali. Menurut Putu Suasta, posisi Demokrat di Bali cukup stabil. Apalagi, acara debat Konvensi Capres Demokrat baru-baru ini digelar di Bali, sehingga ini semakin menambah kuat partai besutan Presiden SBY. "Di Bali posisi Demokrat kuat. Jurkam kami ada Jero Wacik yang elektabilitasnya tinggi di Bali. Saya juga akan turun,” tegas politisi Demokrat asal Bali ini. Sementara itu, DPC Gerindra Tabanan datangkan Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Prabowo Subianto untukkampanye di Gumi Lumbung Beras. Rencananya, Prabowo akan jadi jurkam dalam kampanye akbar Gerindra di Lapangan Wagimin Tabanan, 17 Maret 2014 nanti, yang ditarget menghadirkan massa berkekuatan 20.000 orang.

Ketua DPC Gerindra Tabanan, Made Pasek Mika Wijaya, menyatakan dalam kampanye akbar nanti, Prabowo akan didampingi sederet kader elite lainnya. “Tapi, saya belum bisa sebut nama-nama jurkam lainnya yang akan mendampingi Pak Prabowo. Besok (hari ini) kami rapat untuk persiapan final,” tandas Pasek Mika Wijaya di Tabanan, Kamis kemarin. Pasek Mika berharap kehadiran Prabowo dapat menarik antusiasme massa untuk datang ke lokasi kampanye akbar Gerindra di Lapangan Wagimin Tabanan. Tentu saja, muaranya pada raihan kursi Gerindra di Dewan hasil Pileg 2014. Menurut Pasek Mika, gerindra targetkan raih satu fraksi di DPRD Tabanan. DPC Gerindra sendiri optimistis rarget satu fraksi DPRD Tabanan bisa terwujud. Keyakinan itu semakin kuat setelah terbentuk Pengurus Ranting Gerindra se-Tabanan sebanyak 500 orang. “Setelah kita menjalankan strategi, kita sangat yakin satu fraksi DPRD Tabanan bisa diraih,” tandas Pasek Mika. Sementara, PDIP selaku penguasa kursi terbanyak DPRD Tabanan hasil Pileg 2009, kemungkinan besar tidak akan menggelar kampanye terbuka untuk Pileg 2014. “Kalau saya malah berpikir nggak perlu kampanye lagi.

Bertatap muka langsung dengan masyarakat, itu lebih efektif. Yang penting kan bisa bertemu masyarakat, kemudian mampu menangkap fenomena persoalan di masyarakat,” ujar Ketua DPC PDIP Tabanan, Ketut Boping Suryadi. Sesuai jadwal yang diberikan KPU, PDIP kebagian kampanye terbuka di Tabanan pada 23 Maret. Sebaliknya, Ketua DPD II Golkar Tabanan Nyoman Wirya menyatakan pihaknya tidak akan menghadirkan jurkam nasional saat kampanye, 20 Maret 2014 nanti. Soalnya, jurkam nasional akan diterjunkan saat kampanye akbar Golkar di Denpasar dan penutupan kampanye di Karangasem. Menurut Nyoman Wirya, kemungkinan nanti yang tampil sebagai jurkam saat kampanye di Tabanan adalah Gede Sumarjaya Linggih alias Demer dan Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati. Demer adalah Korwil Bali-NTB-NTT DPP Golkar yang juga caleg incumbent DPR RI, sementara Sri Wigunawati adalah Ketua Bappilu DPD I Golkar Bali yang calon anggota DPD RIl.


sumber : NusaBali 
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Terjadi Letusan Gunung Agung 21 November 2017 pukul 17:05 WITA

Gunung Agung Terjadi letusan Gunung Agung pada pukul 17:05 WITA. Letusan diawali oleh Gempa Tremor Low-Frequency. Asap teramati berteka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen