Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Menggusur Patung Dewa Wisnu, Gunarsa Protes, Bupati Eka Didesak Lanjutkan Patung Soekarno

Menggusur Patung Dewa Wisnu, Gunarsa Protes, Bupati Eka Didesak Lanjutkan Patung Soekarno

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 15 Februari 2014 | 8:03:00 AM

Menurut dia, pembangunan patung Soekarno yang menggusur patung Dewa Wisnu di perempatan Kediri itu melukai hati umat Hindu di Bali. "Apalagi patung yang sangat sakral itu dipotong-potong begitu saja di tengah jalan. Tentu hal ini sangat menyakitkan," kata pemilik museum seni lukis Gunarsa itu. Ia tidak mempersoalkan pembangunan patung Soekarno itu, asalkan dibuatkan tempat tersendiri bukan menggusur patung yang sudah ada.
Gunarsa Protes Pembangunan Patung Soekarno

Semarapura - Maestro seni lukis Nyoman Gunarsa memprotes pembangunan patung Soekarno di perempatan Kediri, Kabupaten Tabanan, karena tidak sesuai dengan etika dan estetika.

"Di peremptan itu cocoknya patung dewa," katanya saat ditemui di bengkel seninya di Semarapura, Kabupaten Klungkung, Jumat.

Menurut dia, pembangunan patung Soekarno yang menggusur patung Dewa Wisnu di perempatan Kediri itu melukai hati umat Hindu di Bali.

"Apalagi patung yang sangat sakral itu dipotong-potong begitu saja di tengah jalan. Tentu hal ini sangat menyakitkan," kata pemilik museum seni lukis Gunarsa itu.

Ia tidak mempersoalkan pembangunan patung Soekarno itu, asalkan dibuatkan tempat tersendiri bukan menggusur patung yang sudah ada.

"Saya ini pengagum Bung Karno. Tapi saya sedih kalau penghargaan terhadap Bung Karno seperti itu," kata Gunarsa.

Apalagi bentuk patung Soekarno yang dibangun Pemerintah Kabupaten Tabanan itu duduk. "Seharusnya berdiri karena posisinya di tengah perempatan," kata mantan dosen ISI Yogyakarta itu.

Oleh sebab itu, dia meminta Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mempertimbangkan unsur etika dan estetika patung Proklamator RI itu.

Bupati Eka Didesak Lanjutkan Patung Soekarno

Tabanan - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didesak untuk melanjutkan pembangunan patung Soekarno di perempatan Kediri.

"Kami tidak hanya mendukung, melainkan juga siap mengawal pembangunan patung Proklamator RI di perempatan Kediri," kata I Gusti Made Adi Nurama mewakili tokoh adat, ormas, dan LSM di Kabupaten Tabanan, Jumat.

Massa yang berjumlah sekitar 4.000 orang tumpah-ruah di Lapangan Kediri untuk menggelar aksi damai sebagai bentuk dukungan pembangunan patung Soekarno yang dipersoalkan sebagian masyarakat Kabupaten Tabanan karena menggusur patung Dewa Wisnu.

"Bupati tidak boleh ragu-ragu dalam membangun daerah," kata Adi Nurama membacakan surat pernyataan yang ditandatangani sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Tabanan itu.

Menurut dia, tidak ada alasan apa pun yang bisa diterima atas pembangunan patung itu. "Pembangunan patung tersebut merupakan wujud kecintaan dan penghormatan setinggi-tingginya dari generasi bangsa untuk sang `founding father`," kata I Gede Nyoman Sapta Adi dari LSM Forkot.

Bupati Eka Wiryastuti didampingi Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya dalam membangun patung itu.

"Sebagai pemimpin daerah sudah menjadi tugas saya mengambil sikap tegas dalam mengawal program yang ditetapkan. Kami harapkan semua pihak bersikap positif dan bisa mengambil hikmah dari perbedaan pendapat. Tujuan kita sama menjadikan Tabanan lebih baik," kata putri sulung mantan Bupati Tabanan dua periode, I Nyoman Adi Wiryatama, itu.

Namun dia mengajak masyarakatnya untuk sabar dan mengedepankan sikap yang bijaksana atas segala perbedaan yang terjadi.



sumber : antarabali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Pergerakan Magma GA Menurun, Drone Diterbangkan Ambil Sampel Gas

Gunung Agung siang tadi, Sabtu (18/11/2017) Pengamatan PVMG Seminggu Terakhir, Begini Pergerakan Magmanya AMLAPURA - Gunung Agung...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen