Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Kakak-Adik Masuk Bursa PAW

Kakak-Adik Masuk Bursa PAW

Written By Dre@ming Post on Rabu, 07 Agustus 2013 | 7:13:00 AM

”Sesuai arahan DPP Golkar, ya kami DPD I Golkar Bali setor ulang 10 nama kandidat itu ke pusat. Sekarang bolanya sudah berada di tangan DPP Golkar. Saya tidak berwenang menyampaikan nama-nama tersebut, silahkan telepon Pak Demer (maksudnya Ketua Korwil Bali-NTB-NTT DPP Golkar I Gede Sumarjaya Linggih),” ujar Purnama di Kantor DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Selasa (6/8). Menurut Purnama, 10 nama kandidat PAW Sudikerta yang dikirimkan ke DPP Golkar itu memiliki track record terbaik di lingkup DPD II Golkar Badung.
DENPASAR - DPD I Golkar Bali kembali ajukan 7 nama kandidat Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Badung Ketut Sudikerta. Dari sekian nama yang masuk bursa itu, dua orang di antaranya kakak adik yang notabene anak mantan Ketua DPD I Golkar Bali, I Gusti Ngurah Alit Yudha. Mereka masing-masing I Gusti Agung Danil Yunanda Yudha dan I Gusti Agung Indah Trimafo Garrit.

Menurut Sekretaris DPD I Golkar Bali, I Komang Purnama, pihaknya telah mengirim ulang 10 nama kandidat PAW Wakil Bupati Badung ke DPP Golkar. Ini sebagai tindak lanjut atas perintah DPP Golkar, setelah pusat mengembalikan tiga nama kandidat PAW Wakil Bupati Badung yang sebelumnya disetor Tim Pilkada DPD I Golkar Bali ke pusat. Hanya saja, Purnama enggan menyebut siapa saja nama 10 kandidat PAW Wakil Bupati Badung yang disetor ke DPP Golkar. Yang pasti, d\Dalam 10 nama kandidat PAW Wakil Bupati Badung (Ketut Sudikerta) yang disetor ke DPP Golkar tersebut, kata Purnama, termasuk di antaranya 3 kandidat yang sebelumnya dibalikkan paksa ke Bali oleh pusat. Mereka adalah I Ketut Suiasa (Ketua DPD II Golkar Badung yang juga Wakil Ketua DPRD Badung), I Made Sudiana (anggota Fraksi Golkar DPRD Badung), dan I Wayan Adi Arnawa (kandidat non kader dari jalur birokrasi yang kini menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah/Kadispenda Badung).

”Sesuai arahan DPP Golkar, ya kami DPD I Golkar Bali setor ulang 10 nama kandidat itu ke pusat. Sekarang bolanya sudah berada di tangan DPP Golkar. Saya tidak berwenang menyampaikan nama-nama tersebut, silahkan telepon Pak Demer (maksudnya Ketua Korwil Bali-NTB-NTT DPP Golkar I Gede Sumarjaya Linggih),” ujar Purnama di Kantor DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Selasa (6/8). Menurut Purnama, 10 nama kandidat PAW Sudikerta yang dikirimkan ke DPP Golkar itu memiliki track record terbaik di lingkup DPD II Golkar Badung. Karena track record-nya terbaik itulah mereka diinventarisasir dan dikirim ke DPP Golkar untuk selanjutnya diproses. “Yang terbaik pokoknya. Dan, 10 nama kandidat itu sudah dipegang DPP Golkar. Siapa dan bagaimana nanti prosesnya, ya DPP Golkar yang menentukan sekarang,” ujar Purnama yang juga caleg DPRD Denpasar untuk Pileg 2014.

Namun, berdasarkan bocoran yang diperoleh di lingkaran Beringin, Selasa (6/8), dari tujuh nama kandidat yang disusulkan ke DPP Golkar sebagai PAW Sudikerta melengkapti trio Ketut Suiasa, Made Sudiana, dan Wayan Adi Arnawa, termasuk di antaranya kakak adik yang merupakan putra-putri mantan Ketua DPD I Golkar Bali I Gusti Ngurah Alit Yudha. Dua bersaudara putra-putri IGN Alit Yudha (tokoh Golkar asal Puri Carangsari, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Badung) yang masuk bursa PAW Sudikerta tersebut masing-masing si sulung I Gusti Agung Danil Yunandha Yudha (yang kini pengurus DPD I Golkar Bali) dan I Gusti Agung Indah Trimafo Garrit alias Gek Inda (Srikandi Golkar yang masuk caleg DPRD Bali dari Dapil Badung menuju Pileg 2014).

Sedangkan lima politisi Beringin lainnya yang juga diajukan DPD I Golkar Bali ke DPP Golkar sebagai kandidat PAW Sudikerta masing-masing Ida Bagus Padakesuma (anggota Fraksi Golkar DPRD Bali Dapil Badung), Wayan Rawan Adnyana (anggota Fraksi Golkar DPRD Bali Dapil Badung), Anak Agung Bagung Adhi Mahendra Putra (fungsionaris DPD I Golkar Bali yang putra dari anggota Fraksi Golkar DPR I Gusti Ketut Adhiputra), Anak Agung Citra Umbara (politisi Golkar mantan Ketua Mahottama---pendukung paket Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta---di Pilgub Bali 2013), dan I Wayan Muntra (politisi Golkar yang berprofesi sebagai notaris). Perlu dicatat, nama IB Pada Kesuma, Wayan Rawan Atmaja, AA Bagus Adhi Mahendra, dan AA Citra Umbara sebelumnya juga sempat masuk bursa kandidat PAW Wakil Bupati Badung (menggantikan Ketut Sudikerta yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Bali melalui Pilgub 2013).

Namun, nama mereka gugur dalam seleksi Tim Pilgaka DPD I Golkar Bali. Sebab, hanya tiga nama yang dikirim ke DPP Golkar. Belakangan, DPP Golkar mengembalikan paksa tiga nama kandidat PAW Sudikerta yang disetor DPD I Golkar Bali tersebut, yakni Ketut Suiasa, Made Sudiana, dan Wayan Adi Arnawa. DPP Golkar minta disetor lebih banyak nama lagi, minimal 5 kandidat. Sumber menyebutkan, I Gusti Agung Danil Yunanda Yudha, termasuk kuda hitam dalam PAW Wakil Bupati Badung, meskipun namanya muncul tiba-tiba. IGA Danil Yudha yang kini menjabat Ketua Bappilu Wilayah Badung DPD I Golkar Bali bisa menjadi ancaman bagi kandidat lainnya. “Dia (Danil Yudha) adalah salah satu representasi kekuatan Badung Utara,” ujar sumber tadi.

Sumber diluar tiga nama Suiasa, Sudiana dan Adi Arnawa, kader Golkar tulen yang kembali masuk adalah Ida Bagus Padakesuma anggota Fraksi Golkar DPRD Bali, peraih suara terbanyak di dapil Badung untuk partai Golkar pada Pileg 2009, kemudian disusul I Wayan Rawan Atmaja anggota Fraksi Golkar, runner up Pileg 2009 dapil Badung. Kemudian ada Anak Agung Bagus Adi Mahendra alias Gus Adhi caleg DPR RI yang juga putra polisiti senior Golkar Bali Gusti Ketut Adiputra. Gus Adhi juga Ketua SOKSI Bali, yang sayap partai Golkar. Ada Anak Agung Citra Umbara Wakil Sekretaris DPD I Golkar Bali, mantan anggota DPRD Badung yang juga Ketua Putra Mahhottama tim pendukung Pasti- Kerta di Pilgub Bali. Setelah itu Danil Yudha dan adiknya Gusti Agung Indah Trimafo Garit. Sedangkan nama Wayan Muntra, kata dia, merupakan kader Golkar Badung asal Kuta Selatan yang kesehariannya berprofesi sebagai notaris.

Sebelumnya, Wayan Muntra sudah sempat ditawarkan Golkar Badung masuk bursa PAW Sudikerta, namun kemudian namanya menghilang. Tapi sekarang, nama Wayan Mudtra kembali muncul, bahkan termasuk di antara 10 kandidat yang disetor DPD I Golkar Bali ke DPP Golkar. “Kalau 10 nama ini memang dibuka, pertarungan berebut kursi PAW Wakil Bupati Badung akan merata di seluruh lini kewilayahan Badung. Ya, merata untuk Badung Selatan, Badung Tengah, dan Badung Utara,” ujar politisi Golkar ini. Dia menyebutkan, Trio Ketut Suiasa, Wayan Rawan Atmaja, Wayan Muntra, plus Wayan Adi Arnawa merupakan representasi kekuatan Badung Selatan. Sedangkan AA Bagus Adhi Mahendra dan Made Sudiana adalah gambaran kekuatan Badung Tengah.

Sebaliknya, kuartet IB Padakesuma, AA Citra Umbara, IGA Danil Yudha, dan IGA Indah Triamafo Gatrit adalah representasi kekuatan Badung Utara. Dikonfirmasi secara terpisah, Selasa kemarin, Ketua Korwil Bali-NTVB-NTT DPP Golkar Gede Sumarjaya Linggih alias Demer mengaku belum tahu soal identitas 10 nama kandidat PAW Wajkil Bupati Badung yang disetor Tim Pilkada DPD I Golkar Bali. Semuanya masih akan dicek. “Ya, memang ada 10 nama dikirimkan ke kita (DPP Golkar). Saya belum cek nama-namanya. Jadi, secara de yure maupun de facto belum ada sebetulnya. Nantilah, nanti saya masih rapat,” ujar Demer, politisi Golkar asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang juga anggota DPR dua kali periode.


sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Terjadi Letusan Gunung Agung 21 November 2017 pukul 17:05 WITA

Gunung Agung Terjadi letusan Gunung Agung pada pukul 17:05 WITA. Letusan diawali oleh Gempa Tremor Low-Frequency. Asap teramati berteka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen