Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Warga Dengan Penambang Nyaris Bentrok

Warga Dengan Penambang Nyaris Bentrok

Written By Dre@ming Post on Jumat, 12 Juli 2013 | 8:38:00 AM

"Kami minta penggalian material sungai dihentikan, karena menyebabkan erosi yang merugikan subak sebagai pengguna air sungai untuk pertanian," kata Kelian atau Ketua Subak Pohsanten, Made Suamba. Gbr Ist
Negara - Warga dari anggota atau krama subak Semanggong, Desa Pohsanten, Kabupaten Jembrana nyaris bentrok dengan penambang material sungai yang juga warga setempat, Kamis.

Rencana krama subak yang ingin menutup akses jalan ke sungai, mendapatkan perlawanan dari penambang, dengan memarkir puluhan truk di jalan tersebut.

Konflik terbuka nyaris terjadi, namun aparat desa beserta keamanan yang cepat datang ke lokasi berhasil meredamnya, dan meminta kedua belah pihak berkumpul di kantor desa.

"Kami minta penggalian material sungai dihentikan, karena menyebabkan erosi yang merugikan subak sebagai pengguna air sungai untuk pertanian," kata Kelian atau Ketua Subak Pohsanten, Made Suamba.

Sementara Kayan Winanta, perwakilan dari sopir mengaku keberatan jika akses jalan ke sungai ditutup, karena mereka sudah ada kesepakatan dengan desa adat setempat.

"Kami memberikan konstribusi Rp500 ribu tiap bulan untuk membantu upacara di pura. Pekerja penambangan juga rata-rata warga sini, dan desa adat tidak keberatan," katanya.

Karena belum ada titik temu, Perbekel atau Kepala Desa Pohsanten, Gusti Ketut Suarta mengatakan, akan dilakukan pertemuan lanjutan yang masih dijadwalkan.


sumber : Antara Bali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Sumber Letusan Kian Dangkal, 1-2 Km Di Bawah Puncak Gunung Agung

Gunung Agung terlihat di Pos Pengamatan Gunungapi Agung,Desa Rendang,Kabupaten Karangasem,Minggu (24/9/2017). Pengamatan tidak berjalan ...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen