Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Saksi Ahli Temukan Kejanggalan Saat Audit LPD

Saksi Ahli Temukan Kejanggalan Saat Audit LPD

Written By Dre@ming Post on Selasa, 09 Juli 2013 | 9:08:00 AM

"Matinya LPD itu bukan semata-mata karena kesalahan pengurusnya, tapi rendahnya kesadaran peminjam mengembalikan pinjamannya," ujarnya.
Denpasar - Saksi ahli menemukan kejanggalan saat melakukan audit keuangan di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Banyualit, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Saya mengaudit LPD Banyualit atas permintaan Tim 9 yang mewakili manajemen LPD," kata Toni dari kantor akuntan publik yang dihadirkan sebagai saksi ahli dalam sidang kasus korupsi LPD Banyualit di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Denpasar, Senin.

Ia mengungkapkan bahwa data penerima kredit dari LPD Banyualit banyak yang fiktif.

"Bahkan kami tidak menemukan data pelunasan kredit dari beberapa nama nasabah. Kami menduga ada nama-nama yang digandakan," katanya.

Sementara itu Gede Suniara saksi ahli yang merupakan Pembina LPD Banyualit, dalam sidang tersebut mengatakan bahwa likuiditas lembaga tersebut rendah karena pembayaran kredit tidak berjalan dengan baik.

"Matinya LPD itu bukan semata-mata karena kesalahan pengurusnya, tapi rendahnya kesadaran peminjam mengembalikan pinjamannya," ujarnya.

Dia juga menemukan kredit bermasalah dengan nama peminjam hanya satu, tetapi digandakan sehingga mengakibatkan LPD Banyualit mengalami kerugian sekitar Rp2,3 miliar.

"Selain itu yang tergolong kredit bermasalah adalah meminjam uang tanpa sesuai prosedur," kata Suniarsa menambahkan. 


sumber : Antara Bali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

GA Tipe Tertutup, Fase Letusan Freatik, Freatomagmatik, Terakhir Magmatik

Penampakan Gunung Agung dari Pos Pantau Gunung Api Agung, Rendang, Karangasem, Rabu (22/11/2017) sore (grafis) 3 Kali Tremor Menerus Te...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen