Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Pastika Mental di Badung

Pastika Mental di Badung

Written By Dre@ming Post on Rabu, 18 Juli 2012 | 8:06:00 AM

Rabu, 18 Juli 2012, 08:09

AA Ngurah Puspayoga
Setelah laris manis di sejumlah daerah seperti Karangasem dan Bangli, kandidat incumbent Made Mangku Pastika justru mental di Badung. DPC PDIP Badung telah putuskan untuk mengusung AA Ngurah Puspayoga sebagai kandidat Calon Gubernur (Cagub) dan Nyoman Adi Wiryatama jadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali ke Pilgub 2013.

Keputusan DPC PDIP Badung untuk usung AAN Puspayoga (kader elite PDIP yang kini Wagub Bali) dan Adi Wiryatama (Sekretaris DPD PDIP Bali yang mantan Bupati Tabanan dua kali periode) ini diambil melalui rapat pengurus diperluas yang melibatkan semua PAC PDIP se-Badung, Senin (16/7) lalu.

Dalam rapat di Kantor Sekretariat DPC PDIP Badung di Semipdi, Kecamatan Mengwi hari itu, dua kandidat mengerucut ke Puspayoga dan Adi Wiryatama. Sedangkan Mangku Pastika (kandiat incumbent yang masih menjabat Gubernur Bali) tidak terpilih.

Keputusan rapat DPC PDIP Badung itu dituangkan dengan SK Nomor 042/IN/DPC-03.07/VII/2012. Menurut Ketua DPC PDIP Badung, Nyoman Giri Prasta, hasil keputusan soal kandidat Cagub-Cawagub tersebut rencananya akan
disampaikan ke DPD PDIP Bali, Rabu (18/7) ini.

Giri Prasta menegaskan, penentuan nama Puspayoga-Adi Wiryatama tersebut didasarkan atas aspirasi masing-masing Pengurus Anak Ranting PDIP (tingkat banjar), Ranting PDIP (tingkat desa), hingga PAC PDIP (tingkat kecamatan). “Kami melaksanakan SK 031 DPP PDIP. Untuk Cagub kami usung Puspayoga, sementara Cawagubnya Adi Wiryatama. Tapi, ini bukan paket,” ujar Giri Prasta yang juga Ketua DPRD Badung, Selasa (17/7).

Ditambahkan Giri Prasta, pengusulan kandidat Cagub dan Cawagub tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan. Di antaranya, ketokohan kedua figur yang diusung sudah tidak diragukan lagi. Keduanya juga dinilai mampu mempertahankan adat seni budaya atau mempertahankan adat Bali dan memperjuangkan hak-hak masyarakat. “Soal siapa yang layak sebagai Cagub-Cawagub Bali nanti, tentu itu kewenangan DPP PDIP yang memutuskannya,” ujar politisi PDIP asal kawasan Badung Utara, Petang ini.

DPC PDIP Badung sendiri merupakan daerah keempat di Bali yang telah memunculkan kandidat Cagub untuk Pilgub 2013. Tiga daerah lain yang telah mendahului penetapkan kandidat adalag DPC PDIP Klungkung, DPC PDIP Karangasem, dan DPC PDIP Bangli.

Nama Mangku Pastika muncul di DPC PDIP Karangasem dan DPC PDIP Bangli. Dalam rapat pleno DPC PDIP Karangasem, Rabu (11/7) lalu, ada dua nama yang dimunculkan dan keduanya diusung sebagai kandidat Cagub, yakni Pastika dan Puspayoga. “Kami tetap mengusung dua figur kuat itu (Pastika dan Puspayoga). Soal siapa salah satu di antara dua figur kuat itu yang nantinya direkomendasi DPP PDIP sebagai Cagub Bali, kita di bawah siap mengamankannya,” jelas Sekretaris DPC PDIP Karangasem, Komang Sudanta.

Sementara, rapat pleno DPC PDIP Bangli yang melibatkan semua PAC PDIP se-Bangli, Jumat (13/7) lalu, juga memunculkan nama yang sama: Pastika dan Puspayoga untuk diusung sebagai kandidat Cagub Bali ke Pilgub 2013. Nama kedua kandidat incumbent ini disaring DPC PDIP Bangli dari 8 nama yang masuk bursa. “Mengacu pada SK 31 A, nama-nama yang masuk disaring. Akhirnya, mengerecut ke dua kandidat incumbent (Pastika dan Puspayoga) yang dapat dukungan terbanyak,” ungkap Ketua DPC PDIP Bangli, Ngakan Kutha Parwata.

Sedangkan DPC PDIP Klungkung telah mendahului menetapkan kandidat Cagub yang diusung ke Pilgub Bali 2013, melalui rapat pleno di Sekretariat DPC PDIP Jalan Mahodara Kamasan, 17 Juni 2012 lalu. DPCC PDIP Klungkung putuskan usung satu naa sebagai kandidat Cagub Bali, yakni Wayan Candra (Bupati Klungkung yang juga Ketua DPC PDIP Klungkung).

Di sisi lain, DPC PDIP Jembrana kemungkinan baru akan menggelar rapat pleno untuk membahas kandudat Cagub dan Cawagub Bali, 19 Juli 2012 besok. Informasi yang dihimpun NusaBali kemarin, pengurus DPC PDIP Jembrana dan PAC PDIP se-Jembrana telah menerima undangan untuk menghadiri rapat di Kantor Sekretariat DPC PDIP di Negara, Kamis (19/7) sore pukul 17.00 Wita. “Tapi, undangan baru disebar melalui telepon, bukan surat resmi. Intinya, pengurus diundang untuk rtapat pembahasan kandidat Cagub dan Cawagub yang akan diusung DPC PDIP Jembrana,” ungkap sumber di lingkaran PDIP Jembrana kemarin. Sementara itu, hingga Selasa kemarin belum ada satu kandidat pun yang mengambil formulir untuk posisi Cagub ke Sekretariat DPD PDIP Bali, Jalan Cok Agung Tresna Denpasar. Sampai saat ini, baru ada tiga kandidat yang sudah mengambil formulir di PDIP, ketiganya mengincar posisi Cawagub Bali.

Ketiga kandidat Cawagub Bali yang sudah ambil formulir di PDIP itu masing-masing Ni Made Sumiati (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali dari Dapil Karangasem), Ida Ayu Kondi Indra Santosa (Srikandi PDIP yang seorang notaris), dan Dewa Putu Cintyadnyana (anggota Komisi A DPRD Buleleng dari Fraksi PDIP). Informasi terakhir yang diperoleh NusaBali, Bupati Klungkung Wayan Candra akan menjadi kandidat pertama yang mengambil formulir Cagub Bali di PDIP. Wayan Candra rencananya akan mengambil formulir Cagub, Rabu (18/7) ini. Namun, Candra tidak mengambil sendiri formulir tersebut, namun akan mengutus timnya ke Sekretariat DPD PDIP Bali.

Srikandi PDIP, I Gusti Ayu Ariesyuni, yang jadi Komandan Sekretariat Kantor DPD PDIP Bali, juga membenarkan rencana tim pendukung Candra untuk ambil formulir Cagub hari ini. “Ya, besok (hari ini) Pak Candra rencananya akan ambil formulir,” ujar IGA Ariesyuni kepada NusaBali, Selasa kemarin. Informasi lain menyebutkan, tim yang diutus mengambilkan formulir Cagub Bali bagi Candra hari ini akan dipimpin langsung Sekretaris DPC PDIP Klungkung, AA Gde Anom. Tahap pengambilan formulir bakal calon di Sekretariat DPD PDIP Bali sudah dibuka sejak 10 Juli 2012 lalu. Pengambilan formulir bakal ditutup per 24 Juli 2012 nanti, untuk selanjutnya dilakukan tahap pendaftaran ulang bakal calon (pengembalian formulir), 25 Juli-1 Agustus 2012.


sumber : NUSABALI
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

GA Tipe Tertutup, Fase Letusan Freatik, Freatomagmatik, Terakhir Magmatik

Penampakan Gunung Agung dari Pos Pantau Gunung Api Agung, Rendang, Karangasem, Rabu (22/11/2017) sore (grafis) 3 Kali Tremor Menerus Te...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen