Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Aturan Adat untuk Lindungi Terumbu Karang di Buleleng Disiapkan

Aturan Adat untuk Lindungi Terumbu Karang di Buleleng Disiapkan

Written By Dre@ming Post on Minggu, 15 Juli 2012 | 1:58:00 PM

Minggu, 15/07/2012 14:29

SINGARAJA - Petugas keamanan desa adat atau pecalang menyiapkan aturan adat (awig-awig) untuk melindungi kelestarian terumbu karang di Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Awig-awig itu nanti akan memuat aturan tentang pemanfaatkan wilayah laut dan tata ruang wilayah pesisir untuk menjaga kelestarian terumbu karang," kata Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Pecalang Segara Desa Adat Pemuteran Made Gunaksa di Singaraja, Sabtu (14/7).

Menurutnya, awig-awig itu sangat penting agar pelestarian terumbu karang oleh masyarakat desa adat setempat tetap berkesinambungan dalam kondisi apa pun. "Aturan dari pemerintah mudah dilanggar karena pelakunya bisa sembunyi-sembunyi. Tapi kalau desa pekraman (adat) yang membuat aturan, tingkat pelanggarannya kecil karena semua turut mengawasi," katanya.

Pelestarian terumbu karang di Desa Adat Pemuteran telah menghasilkan dua penghargaan dari Program Pembangunan PBB (UNDP). Kedua penghargaan tersebut diterima di Brazil akhir Juni lalu oleh Yayasan Karang Lestari sebagai wadah masyarakat Desa Adat Pemuteran dalam melestarikan
terumbu karang.

Atas prestasi itu pula, Pokmaswas Pecalang Segara Desa Adat Pemuteran yang beranggota 36 orang mendapatkan bantuan tiga speed boat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng.

Dre@ming Post______
sumber : detik
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Dua Pemancing Tergulung Ombak Di Tanah Lot Masih Misteri

Dua Orang Hilang di Lautan Tanah Lot, Terungkap Fakta: Istri Melarang dan Pesan Perhatikan Ombak TABANAN - Sekitar sembilan jam lamany...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen