Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Presiden SBY Buka KTT ASEAN di Bali

Presiden SBY Buka KTT ASEAN di Bali

Written By Dre@ming Post on Kamis, 17 November 2011 | 8:09:00 AM

Kamis, 17/11/2011 08:09

Denpasar - Rangkaian kegiatan KTT ASEAN pagi ini akan dibuka Presiden
Presiden SBY

SBY. Salah satu agenda yang didorong adalah menjadikan ASEAN sebagai komunitas untuk meningkatkan kesejahteraan bersama warga di kawasan.

Menurut jadwal, Presiden SBY akan membuka KTT ASEAN pukul 09.00 WITA, Kamis (17/11/2011). Acara dipusatkan di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali.

"Bagi saya, ASEAN adalah satu komunitas. Kita harapkan ASEAN Community bisa terwujud pada 2015," ujar SBY dalam keterangan di Ayodya Resort, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2011).

Sebagai sebuah komunitas, maka di antara anggotanya dituntut ada kesamaan visi dalam selesaikan masalah. Sebab tidak tertutup kemungkinan di terjadi konflik di antara mereka, seperti soal batas kedaulatan.

"Di antara sesama ASEAN, kalau sampai terjadi apa-apa, jangan menggunakan kekerasan," wanti SBY yang tahun ini menjabat sebagai Ketua ASEAN.

Stabilitas politik dan keamanan, adalah syarat bagi investasi dan membuka peluang usaha baru. Bila ada investasi dan perdagangan, maka terjadi aktivitas ekonomi domestik yang pada gilirannya mendorong
pertumbuhan ekonomi kawasan.

"Pertumbuhan di kawasan bisa disokong investasi atau belanja rumah tangga. Pertumbuhan bisa terjadi dengan membangun konektivitas regional. Konektifitas ini yang kita harapkan menjadi sumber pertumbuhan yang riil," sambung SBY.

Di tahun-tahun yang mendatang, ASEAN diharapkan lebih aktif di dalam berbagai forum global. Agar bisa ikut berkontribusi mencegah dan menanggulangi dampak dari krisis ekonomi baru yang bermula dari kawasan lainnya.

"Alangkah tidak adil kalau ekonomi ASEAN dan Asia Timur excluded dari ekonomi global. Saat ada kriis di AS dan Eropa, ekonomi kita juga terkena dampak," ujar SBY.

"Di dalam kaitan itu maka ASEAN harus aktif menastikan ekonomi global dalam kondisi aman," imbuh SBY.


sumber : detik
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Terjadi Letusan Gunung Agung 21 November 2017 pukul 17:05 WITA

Gunung Agung Terjadi letusan Gunung Agung pada pukul 17:05 WITA. Letusan diawali oleh Gempa Tremor Low-Frequency. Asap teramati berteka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen