Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Muncul dari Pewaregan Pasraman Pura Pasar Agung Terbakar

Muncul dari Pewaregan Pasraman Pura Pasar Agung Terbakar

Written By Dre@ming Post on Selasa, 06 Oktober 2015 | 9:18:00 AM

Pasraman Pamangku Pura Pasar Agung Besakih di Banjar Sogra, Desa Pakraman Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem ludes terbakar, Senin (5/10) pagi sekitar pukul 07.00 Wita.
AMLAPURA - Beruntung, tak ada korban jiwa maupun terluka dalam musibah terbakarnya pasraman yang berada di jaba sisi timur Pura Pasar Agung ini. Areal pura juga selamat dari amuk api, meski hutan di sekitarnya terbakar.

Informasi di lapangan, titik api dalam musibah kebakaran Pasraman Pamangku Pura Pasar Agung, Senin pagi, muncul dari bale pewaregan (dapur) pasraman tersebut. Kemudian, api dengan cepat menjalar, hingga menghanguskan bangunan pasraman dengan panjang 8 meter dan lebar 3 meter tersebut. Dalam sekejap, 7 unit kamar dalam bangunan pasraman ini sudah ludes terbakar. Saat musibah terjadi, Pasraman Pamangku Pura Pasar Agung kebetulan sedang sepi penghuni.

Peristiwa terbakarnya Pasraman Pamangku Pura Pasar Agung, yang beraa di lereng selatan Gunung Agung ini pertama kali diketahui I Wayan Pasek, 50, penjaga pasraman asal Banjar Sogra, Desa Sebudi. Pagi itu, saksi Wayan Pasek yang memang tinggal di pasraman ini sedang memanaskan air menggunakan kompor gas dengan elpiji ukuran 3 kilogram.

Saksi Wayan Pasek tak bisa berbuat apa. Dia justru panik menyaksikan bangunan pasraman terbakar, yang ditandai terdengarnya bunyi ledakan dua kali. Saksi lainnya, Nyoman Mangku Sujana, pramuwisata asal Banjar Sogra, Desa Sebudi yang juga ada di sekitar lokasiu, ikut panik.

Dalam situasi panik, saksi Mangku Sujana dan Wayuan Pasek kemudian meminta bantuan ke sejumlah pamedek (umat yang hendak tangkil sembahyang) ke Pura Pasar Agung. Peristiwa ini juga diberitahukan kepada pamangku Pura Pasar Agung, Jro Mangku Gede Umbara. Laporan juga dilanjut ke Kantor Desa Sebudi dan Polsek Selat. Begitu dapat laporan, Kapolsek Selat AKP I Nyoman Sudiarsa langsung berkoordinasi dengan Danramil Selat, Kapten Inf I Wayan Mustika, lanjut menghubungi petugas pemadam kebakaran, petugas Pos SAR Karangasem, dan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem. Sekitar pukul 08.45 Wita, petugas gabungan dari Pos SAR, Pemadam Kebakaran, BPBD, Polsek Selat, dan Koramil Selat tiba di lokasi TKP kebakaran.

Mereka bahu membahu dengan masyarakat sekitar yang sejak awal melakukan upaya pemadaman secara manual. Sebagian petugas memadamkan api yang membakar bangunan pasraman dengan membongkar atap, genteng, dan mengeluarkan segala isinya.

Petugas Pemadam Kebakaran Karangasem sendiri berupaya menerjunkan tiga unit mobil pemadam dan satu mobil double cabin untuk memadamkan api dalam kebakaran di Pasraman Pamangku Pura Pasar Agung ini. Namun, empat mobil tersebut gagal menjangkai TKP, karena lokasinya berada di ketinggian.

Bukan hanya Pasraman Pamangku Pura Pasar Agung yang ludes terbakar. Hutan lindung di sebelah timur areal Pura pasar Agung juga terbakar. “Hutan lindung yang terbakar sekitar 1 hektare. Beruntung, hembusan angin tidak terlalu kencang, sehingga kebakaran hutan tidak meluas,” ujar mangku Sujana.









sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Aktivitas Vulkanik Masuk Tahap Kritis Kawah Keluarkan Uap, Tercium Bau Belerang

Suasana persembahyangan para pengungsi di Gor Swecapura AMLAPURA - Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Karangasem masuk tahap kritis. P...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen