Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Pastika Kembali Jawara di Demokrat

Pastika Kembali Jawara di Demokrat

Written By Dre@ming Post on Kamis, 06 September 2012 | 8:11:00 AM


Kamis, 6 September 2012, 08:09


ist - v/g : yan andie
DENPASAR - Peluang kandidat incumbent Made Mangku Pastika untuk maju ke Pilgub Bali 2013 dengan kendaraan Demokrat dan Golkar semakin terbuka, jika nanti benar-benar terdepak dari PDIP. Pasalnya, Pastika menduduki tangga teratas berdasarkan hasil survei kandidat di Demokrat maupun Golkar.

Menurut Ketua DPD Demokrat Bali, Made Mudarta, Pastika belum tertandingi baik dari sisi elektabilitas (keterpilihan) maupun popularitas, berdasarkan hasil survei kandidat di internal partainya. “Selain lektibilitasnya tertinggi, Pastika juga paling populer berdasarkan survei yang kami lakukan,” ujar Mudarta di sela-sela penyerahan dokumen dan berkas syarat verifikasi parpol di Sekretariat DPD Demokrat Bali, Jalan Raya Sesetan Denpasar, Rabu (5/9).

Selain survei kandidat untuk posisi Cagub dan Cawagub, menurut Mudarta, partainya juga akan melaksanakan survei untuk pasangan Cagub-Cawagub menuju Pilgub Bali 2013. Hanya saja, Mudarta enggan merinci siapa saja paket-paket alternatif yang akan disurvei.

Yang pasti, beberapa paket Cagub-Cawagub alternatif yang dirancang Demokrat untuk Pilgub Bali 2013 tanpa melibatkan nama Jero Wacik (anggota Dewan Kehormatan Demokrat yang kini Menteri ESDM) dan Gede Pasek Suardika (Ketua DPP Demokrat yang kini Ketua Komisi III DPR). Masalahnya, kedua kader elite Demokrat tersebut sudah menyatakan tidak akan maju ke Pilgub Bali 2013, dengan alasan ingin fokus
pada tugasnya di pusat.

"Pak Jero Wacik tidak akan mengikuti Pilgub Bali 2013, karena mau berkonsentrasi di Kementerian ESDM. Begitu pula dengan Pasek Suardika, dipastikan tidak ikut maju sebagai calon ke Pilgub Bali 2013, karena lebih konsentrasi sebagai Ketua Komisi III DPR. Hal ini sudah dikoordinasikan,” papar Mudarta. Soal paket calon, menurut Mudarta, pihaknya sedang mencari figur terbaik tanpa cela yang bakal diusung sebagai Cagub-Cawagub ke Pilgub Bali 2013. Demokrat akan memunculkan paket calon yang seksi untuk memenangkan Pilgub Bali, 15 Mei 2013 mendatang.

“Paket seksi itu maksudnya memiliki elektabilitas dan popularitas yang tinggi dalam survei, rekam jejaknya baik,” tandas Mudarta, politisi Demokrat asal Jembrana yang juga menyatakan siap maju ke Pilgub Bali 2013.

Di internal Demokrat sendiri berkembang wacana untuk pengusung pasangan Pastika-Mudarta sebagai Cagub-Cawagub Bali ke Pilgub 2013. Pasangan Pastika-Mudarta ini bahkan sudah diberi tajuk Paket Makmur. Hanya saja, Mudarta saat dikonfirmasi menyatakan Paket Makmur itu belum final. “Nanti Tim 9 Demokrat yang akan menentukan siapa direkomendasi sebagai Cagub-Cawagub,” tandas Mudarta. Sementara, peluang Pastika untuk maju sebagai Cagub ke Pilgub Bali 2013 juga sangat terbuka di Golkar. Pasalnya, berdasarkan hasil survei kandidat di Golkar, Gubernur Bali yang diusung PDIP ini menduduki tangga teratas dalam hal elektabilitas maupun popularitas. Dalam survei di Golkar, Pastika mengungguli AA Ngurah Puspayoga (elite PDIP yang kini Wakil Gubernur Bali), AA Gde Agung (Bupati Badung yang diusung Golkar-Demokrat), Ketut Sudikerta (Ketua DPD II Golkar Bali), dan sederet tokoh lainnya termasuk Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace (Bupati Gianyar dari Golkar).

Golkar pun sudah mengotak-atik beberapa paket calon yang menempatkan Pastika sebagai Cagub ke Pilgub Bali 2013. Di antaranya, paket Pastika-Gde Agung dan Pastika-Gede Sumarjaya Linggih (Wakil Sekjen DPP Golkar). Selain dua paket tersebut, pasangan calon yang juga dirancang Golkar adalah Sumarjaya Linggih-Puspayoga, Sumarjaya Linggih-Cok Ace, dan Puspayoga-Cok Ace. Hanya saja, scenario Puspayoga-Cok Ace buyar, setelah Cok Ace tegaskan tidak mau maju ke Pilgub Bali 2013.

Beragam skenario paket Cagub-Cawagub untuk Pilgub Bali 2013 ini juga dibenarkan Wakil Sekjen DPP Golkar, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer. “Kita banyak pilihanlah. Semuanya serba mungkin,” tandas Demer kepada NusaBali, beberapa hari lalu.

Informasi terkini, Rabu kemarin, Golkar sangat berminat mengusung Pastika sebagai Cagub. Golkar akan langsung sambar Pastika, jika kandidat incumbent yang sukses memimpin Bali selama 4 tahun terakhir ini dibuang PDIP. “Hingga saat ini, Pastika belum tertandingi dalam survei kandidat Cagub di Golkar,” ujar sumber NusaBali di lingkaran Golkar, Rabu kemarin. “Tapi, jika Pastika tidak maju, maka Demer bisa didorong sebagai Cagub Bali dari Golkar,” imbuhnya. Kendati santer diisukan terdepak, namun hingga saat ini Pasitka masih kandidat Cagub Bali dari PDIP. Nama Pastika telah disetor ke DPP PDIP sebagai kandidat Cagub oleh Tim penjaringan Calon DPD PDIP Bali. Selain Pastika, dua kader PDIP yang juga disetor ke pusat sebagai kandidat Cagub Bali 2013 adalah Puspayoga (Wagub Bali) dan Wayan Candra (Bupati Klungkung).

Dre@ming Post______
sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Gunung Agung Status Awas, Area Steril 12 Km, Pengungsi Diperkirakan 100 Ribu Orang

Bupati Mas Sumantri saat kunjungi warganya yang mengungsi di Buleleng (kiri). Walikota IB Rai Mantra saat mengunjungi pengungsi di kawasan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen