Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , , » Karena Senang Travelling, Bule Ini Mengais Makanan di Tong Sampah?

Karena Senang Travelling, Bule Ini Mengais Makanan di Tong Sampah?

Written By Dre@ming Post on Rabu, 24 Oktober 2018 | 6:51:00 PM


Disebut Ketelantaran Sosial, Bule Pengais Makanan di Tong Sampah Kini Dipantau Satpol PP

DENPASAR - Seorang wisatawan mendadak viral usai videonya mengais makanan sisa dari tong sampah di kawasan Pantai Sanur, Denpasar, tersebar di dunia maya.

Terkait viralnya video ini juga telah mendapat perhatian dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Denpasar.

Hal ini diungkapkan oleh Kasat Pol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga ketika dihubungi, Rabu (24/10/2018) sore.

Ia mengaku pihaknya kini sedang memantau keberadaan wisatawan tersebut.

"Saat ini kami sedang pantau di areal tersebut. Ini kan ketelantaran sosial, ini juga termasuk orang telantar. Kami mau cek kalau ketemu akan dikoordinasikan dengan pihak terkait, seperti Konsulat yang berkaitan," kata Sayoga.

Pihaknya juga menambahkan, begitu mendapat informasi di media sosial langsung memonitor anggotanya untuk melakukan patroli wilayah di Pantai Sanur.

"Nah, saya dan anggota monitoring dulu di mana keberadaannya, soalnya dia kan bergerak sehingga sulit untuk dilacak. Sehingga kami minta masyarakat bila menemukan bisa menginformasikan kepada kami. Disamping anggota kami memang berpatroli di sekitar sana," imbuhnya.

Pengaduan dari masyarakat ke Satpol PP ini menurutnya sangat penting agar bisa segera melacak dan 'mengamankan' wisatawan tersebut.

Selain melaksanakan patroli untuk mencari keberadaan wisatawan ini, pihaknya juga sudah kerja sama dengan BPBD Kota Denpasar dan Dinas Sosial.

"Saya kan sudah saling kontak-kontakan. Siapa yang duluan ketemu, kami sama-sama selesaikan. Intinya koordinasi serta kerja sama yang baik antar semua komponen lah yang saya harapkan," kata Sayoga mengakhiri.

Cok Ace Heran Ada Turis Mengais Makanan di Tong Sampah

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Ace, tampak heran dengan adanya wisatawan yang mengais sisa-sisa makanan di tong sampah di Sanur, Denpasar.

Video turis asal Bulgaria itu kini jadi viral di media sosial.

“Bahkan kecenderungan yang gila pun datang ke Bali. Ini saya tidak tahu kelebihan promosi atau karena apa ini. Wisatawan yang viral di Sanur mengais sisa-sisa makanan di tempat sampah. Sebetapa menariknya Bali itu bagi wisatawan,” ucap Cok Ace saat membuka Forum Group Discussion mengenai pariwisata Bali dengan industri pariwisata Kabupaten Badung di The Trans Resort Bali. Selasa (23/10/2018).

Cok Ace pun menilai hal tersebut sedikit aneh, karena ternyata wisatawan yang datang ke Bali separah itu.

Turis tersebut sampai mengais makanan di tong sampah karena tak punya uang, dan hal ini menjadi atensi pihak Pemprov Bali.

“Ini menjadi atensi kita, kita harus teliti apakah dia betul tidak punya uang. Dan saya yakin jangankan betul dari luar negeri sampai ke Bali, kita dari sini (Badung) ke Tabanan pasti bawa uang di kantong untuk beli nasi di sana. Ini masa sebegitunya,” kata Cok Ace dengan nada heran.

Ditambahkan, saat dirinya bepergian ke luar negeri pasti diminta jaminan terlebih dahulu menunjukkan tiket kembali ke Indonesia, bekal, dan hotel di mana tinggal terlebih dahulu begitu tiba di negara lain.

“Tapi ini bagaimana kok bisa dia menggelandang seperti itu. Inilah sekali lagi harus peka,” tegasnya.

Sebelumnya beredar dan viral video seorang turis mengais makanan dari sejumlah tong sampah di Sanur yang diunggah di media sosial.

Dia terlihat mengais-ngais makanan dari tong sampah berwarna merah.

Sebuah bekas bungkusan nasi pun ia ambil dan dimakan olehnya.

Si bule mengenakan kaus oblong, celana pendek, serta topi dan membawa tas ransel.

Ia juga menyeret sebuah koper berukuran kecil.

Video ini awalnya diunggah oleh seorang pengguna Facebook, Dwikayanthi Pudja, Sabtu (20/10/2018).

Hingga Selasa (23/10/2018), video tersebut telah dibagikan hampir 700 kali, dan bahkan ada yang diunggah ulang ke dalam media YouTube.

Video seorang wisatawan mancanegara ( wisman) mengais makanan dari tong sampah viral di Bali langsung ditanggapi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.
Sementara dikutip detik.com, kemarin, bule tersebut mengaku bernama Toto, dan berasal dari Bulgaria.

Ia mengaku memilih mengais sampah demi memenuhi kebutuhan perutnya.

Sambil mengais sampah, Toto mengaku dirinya merupakan turis backpacker.

Dia telah berkeliling sejumlah negara di Eropa dan Asia.

"Saya pernah ke Hungaria, Slovakia, Italia, Prancis, Spanyol, Turki, Yunani, Singapura, dan baru ke Bali," ujar pria berusia 42 tahun itu.

Lantas mengapa Toto harus mengais sampah demi makanan?

"Saya senang travelling, jadi untuk membeli tiket, kamu harus menghemat di uang makan dan tempat tinggal," jawab Toto kepada detik.com di depan sebuah artshop di Pantai Sanur.









sumber : tribun
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Siapkan Payung Hukum, Balian Bersertifikat Akan Didata, Koster: “Ke depan, Bali Bisa Saingi Tiongkok”

Direktur Produksi dan Distribusi Ditjen Kefarmasian & Alkes Kemenkes, Agusdini Banun Saptaningsih (kiri), dan Bupati Bangli Made Gia...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen