Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , , » Siswi Cantik SMANSA Ini Peraih Nilai Tertinggi Program IPA

Siswi Cantik SMANSA Ini Peraih Nilai Tertinggi Program IPA

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 16 Mei 2015 | 9:20:00 AM

I Gusti Agung Ayu Andra Yusari, siswi kelas percepatan SMA Negeri 1 Denpasar, mencatat prestasi membanggakan dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2015.Ayu Andra menjadi siswa yang menempati rangking pertama program IPA dengan nilai tertinggi yakni 577.3
DENPASAR - I Gusti Agung Ayu Andra Yusari, siswi kelas percepatan SMA Negeri 1 Denpasar, mencatat prestasi membanggakan dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2015.

Ayu Andra menjadi siswa yang menempati rangking pertama program IPA dengan nilai tertinggi yakni 577.3.

Ayu Andra pun bahagia dengan raihannya tersebut. Menurutnya, itu adalah buah hasil kerja kerasnya dalam mempersiapkan UN 2015.

Bahkan setiap hari ia memaksakan dirinya agar selalu mengerjakan soal-soal ujian, untuk mematangkan dan mengasah kemampuan otaknya.

“Senang sih, mungkin keberuntungan juga. Tapi memang saya belajar keras untuk Ujian Nasional. Pagi sampai siang saya belajar di sekolah, pulang sekolah bimbingan belajar, malamnya belajar, dan kerjakan soal di rumah, hampir 12 jam ya,” ujarnya sembari tertawa saat ditemui di sekolahnya, kemarin, Kamis (14/5/2015).

Sementara SMAN 4 Denpasar, Bali mendominasi peringkat sekolah untuk program IPA dan IPS berdasarkan jumlah nilai rata-rata seluruh siswanya.

Kepala Sekeloh SMAN 4 Denpasar I Wayan Rika pun mengaku bangga terhadap prestasi siswanya pada UN 2015 ini.

Ia menjelaskan siswanya memang sudah dipersiapkan dengan matang dalam pelaksanaan ujian apapun.

Entah itu ujian nasional, ujian pemantapan, dan ujian lainnya.

Mereka belajar di sekolah reguler, maupun pelajaran tambahan sore, bahkan ada beberapa siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar.

“Kecendrungannya siswa-siswa kami terserap ke perguruan tinggi di luar Bali, tahun 2014 seperti itu datanya. Bahkan saya dengar ada anak didik saya saat ini sedang mengejar S2 di Jerman,” ujarnya.

Rika mengatakan walau di program IPA siswanya tidak memperoleh nilai tertinggi tapi pada program IPS, peringkat tiga besar nilai tertinggi seluruhnya siswa SMAN 4 Denpasar.

Mereka adalah Dandy Rilo Hariyono (573.9), Ni Putu Ayu Shela Paramitha Sujana (559.2), Margaretha Regine Anjanette (557.2), dan R. Egi Pradnya Putra (557.2), yang nilainya sama dengan peringkat ketiga.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali untuk program IPA dan IPS SMAN 4 Denpasar berada di tingkat pertama dengan nilai rata-rata 558.58 untuk IPA dan 538.81 untuk IPS.

Sementara untuk program bahasa peringkat pertamanya ialah SMAN 2 Amlapura dengan rata-rata 512.18.

Namun rangking siswa didominasi siswa-siswa SMAN 1 Ubud. Adapun program keagamaan ditempati MAN Negara dengan nilai rata-rata 475.90.

Hari ini, Jumat (15/5/2015), akan digelar serentak pengumuman kelulusan siswa kelas 12 SMA di Bali.

Juga akan diumumkan daftar peringkat sekolah dan siswa dengan nilai tertinggi.

Menurut Kepala Disdikpora Provinsi Bali TIA Kusuma Wardhani, ini adalah kelulusan dari pihak sekolah, dengan mempertimbangankan nilai rapor sekolah siswa selama tiga tahun serta nilai UN.

Nilai UN 2015 walau tidak berpengaruh besar, tapi digunakan untuk siswa mencari perguruan tinggi yang diinginkan.

“Selebaran nilai sudah di sebarkan ke sekolah-sekolah, nilai itu untuk pemetaan oleh pusat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Bali,” katanya.

Sejumlah sekolah di Denpasar meminta agar siswanya datang ke sekolah untuk melihat pengumuman serta untuk melihat nilai UN 2015 yang dilaksanakan satu bulan lalu.

Sekolah-sekolah pun melaksanakan persembahyangan terlebih dahulu sebelum pengumuman kelulusan. Para siswa akan mengenakan pakaian adat untuk pengumuman kelulusan.

“Sekolah sudah imbau para siswa memakai pakaian adat untuk hindari aksi corat-coret,” ujar Ayu Andra, yang berasal dari Puri Belayu, Tabanan.












sumber : tribun
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Gunung Agung Status Awas, Area Steril 12 Km, Pengungsi Diperkirakan 100 Ribu Orang

Bupati Mas Sumantri saat kunjungi warganya yang mengungsi di Buleleng (kiri). Walikota IB Rai Mantra saat mengunjungi pengungsi di kawasan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen