Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , , , » Di Desa Perancak Tiga Rumah Hancur Digerus Abrasi

Di Desa Perancak Tiga Rumah Hancur Digerus Abrasi

Written By Dre@ming Post on Rabu, 13 Agustus 2014 | 8:14:00 AM

Beberapa tahun terakhir, abrasi hebat melanda beberapa wilayah pantai Kabupaten Jembrana, yang selain Desa Perancak juga terjadi di pantai Desa Yehembang, Cupel, Baluk, Banyubiru, Candikusuma hingga Gilimanuk.Beberapa lokasi seperti Cupel, Baluk dan Candikusuma, sudah dibangun sarana pengaman pantai, sementara wilayah lainnya dikabarkan menyusul. Gbr Ist
Negara - Tiga rumah warga Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, hancur digerus abrasi, menyusul puluhan rumah lainnya yang sudah terlebih dahulu rusak karena bencana ini.

Pantauan di lokasi, Selasa, rumah milik I Nyoman Wirka, Ketut Surat dan Wayan Sindia, tinggal bongkahan tembok yang nyaris roboh, sementara seluruh penghuninya mengungsi.

"Sejak abrasi sekitar satu tahun terakhir, sudah beberapa warga kehilangan tempat tinggal dan terpaksa mengungsi," kata Ni Ketut Suniasih, warga setempat.

Menurutnya, terjangan gelombang mencapai tiga meter, yang menggerus tanah puncaknya terjadi Senin (11/8) yang selain menghancurkan rumah, juga membuat tiga sampan milik nelayan yang diparkir di pantai terbalik.

Selain rumah tiga warga tersebut, abrasi yang menggerus pantai dengan panjang sekitar 400 meter tersebut, juga mengancam bangunan konservasi penyu milik Kelompok Masyarakat Kurma Asih, serta bangunan villa milik warga asing.

Kepala Desa atau Perbekel Perancak, I Nyoman Wijana mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali membuat proposal ke Pemerintah Provinsi Bali, untuk dibuatkan pengaman pantai.

"Ada beberapa titik di desa ini yang mengalami abrasi hebat, tapi proposal kami itu sampai sekarang belum ada realisasi," katanya.

Menurutnya, pembangunan sarana pengaman pantai mendesak di wilayah tersebut, karena abrasi menggerus tanah pemukiman warga.

Beberapa tahun terakhir, abrasi hebat melanda beberapa wilayah pantai Kabupaten Jembrana, yang selain Desa Perancak juga terjadi di pantai Desa Yehembang, Cupel, Baluk, Banyubiru, Candikusuma hingga Gilimanuk.

Beberapa lokasi seperti Cupel, Baluk dan Candikusuma, sudah dibangun sarana pengaman pantai, sementara wilayah lainnya dikabarkan menyusul.

Bersamaan dengan abrasi di Desa Perancak ini, bencana yang sama juga menghancurkan pondok lesehan ikan bakar di pantai Dusun Pabuahan, Desa Banyubiru, yang merupakan lokasi wisata kuliner di Kabupaten Jembrana.



propinsibali.com_____
sumber : Antara Bali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

GA Tipe Tertutup, Fase Letusan Freatik, Freatomagmatik, Terakhir Magmatik

Penampakan Gunung Agung dari Pos Pantau Gunung Api Agung, Rendang, Karangasem, Rabu (22/11/2017) sore (grafis) 3 Kali Tremor Menerus Te...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen