Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , , , » Turunkan Mutu Pendidikan, Ngurah Widiada: Tolak Siswa Titipan dari Oknum DPRD

Turunkan Mutu Pendidikan, Ngurah Widiada: Tolak Siswa Titipan dari Oknum DPRD

Written By Dre@ming Post on Selasa, 17 Juni 2014 | 9:45:00 AM

"Ini pengalaman dari tahun-tahun lalu, banyak sekolah menerima siswa yang melebihi daya tampung sekolah bersangkutan, karena ada permainan dari oknum PNS, pejabat daerah, dan oknum anggota DPRD memaksakan agar menampung siswa yang direkomendasi itu," ujarAnak Agung Ngurah Widiada.
Denpasar - Tokoh masyarakat Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Widiada mengingatkan para kepala sekolah negeri di Ibu Kota Provinsi Bali itu untuk menolak siswa titipan.

"Kasek harus berani menolak siswa titipan yang dibawa oleh oknum pejabat, wakil rakyat, atau pihak lain. Jika tidak sesuai dengan proses dan prosedur dalam penerimaan siswa baru, laporkan kepada Ombudsman," katanya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, hal itu penting sebagai upaya menjaga citra pendidikan Kota Denpasar agar ke depan lebih baik, di samping juga melihat kapasitas sekolah bersangkutan.

"Ini pengalaman dari tahun-tahun lalu, banyak sekolah menerima siswa yang melebihi daya tampung sekolah bersangkutan, karena ada permainan dari oknum PNS, pejabat daerah, dan oknum anggota DPRD memaksakan agar menampung siswa yang direkomendasi itu," ujar politikus Partai NasDem itu.

Menurut dia, sikap tegas itu penting untuk memberikan kesempatan yang sama kepada sekolah swasta.

"Kalau dipaksakan menampung siswa dari ketersediaan ruang yang ada berakibat akan adanya beban pengajaran guru sekolah dua sif. Mutu pendidikan semestinya meningkat, bisa-bisa malah menurun," kata Agung Widiada yang juga Ketua Komite SMA Negeri 8 Denpasar itu.

Ia juga berharap kepada orang tua siswa agar tidak memaksakan anaknya masuk ke sekolah dengan cara-cara yang tidak mendidik.

"Kami juga mengharapkan kesadaran dari orang tua siswa. Kalau memang nilai ujiannya rendah, janganlah memaksakan diri," ucapnya.

Agung Widiada menegaskan di SMA Negeri 8 Denpasar tidak akan menerima siswa titipan dari mana pun karena terbatasnya daya tampung.

"Kami tak mau menanggung risiko jika ada pemeriksaan dan teguran dari pemerintah karena pertimbangan daya tampung," katanya.




propinsibali.com_____
sumber : Antara Bali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Guru Piduka Dilaksanakan di Pura Penataran Agung Besakih Mohon GA Tak Meletus

Ritual guru piduka di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (18/11) Di...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen