Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Kurang Perhatian? Pemprov Bali Diminta Serius Tata Pura Besakih

Kurang Perhatian? Pemprov Bali Diminta Serius Tata Pura Besakih

Written By Dre@ming Post on Minggu, 17 November 2013 | 8:07:00 AM

Sumiati menganggap pemerintah daerah selama ini kurang perhatian terhadap Pura Agung Besakih, terutama lokasi "Lawangan Agung" yang semestinya berada di Desa Batusesa dan Desa Tegenan. Ia juga meminta ritual "Pesucian Ida Bhatara saat Turun Kabeh" di Tegenan, Palinggih di Titi Gonggang, dan Pura Tegal Penangsaran juga mendapat perhatian.
Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali diminta serius dalam penataan Pura Besakih di lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem.

"Sebagai pura terbesar di Bali, Besakih harus ditata sedemikian rupa agar tetap lestari," kata anggota Komisi I DPRD Provinsi Bali Made Sumiati di Denpasar, Kamis.

Ia menyebutkan sejumlah penataan yang perlu segera dilakukan di antaranya di belakang "Pelinggih Padma Tiga", perbaikan dinding pura, dan penataan Pura Dalem Puri yang terhubung langsung dengan "wantilan".

Sumiati menganggap pemerintah daerah selama ini kurang perhatian terhadap Pura Agung Besakih, terutama lokasi "Lawangan Agung" yang semestinya berada di Desa Batusesa dan Desa Tegenan.

Ia juga meminta ritual "Pesucian Ida Bhatara saat Turun Kabeh" di Tegenan, Palinggih di Titi Gonggang, dan Pura Tegal Penangsaran juga mendapat perhatian.

"Tiap ada pembahasan anggaran kami selalu menyampaikan hal tersebut. tetapi sampai saat ini belum ada realisasi," katanya.

Menanggapi hal itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika berjanji akan menindaklanjutinya.

Terkait Rancangan APBD Bali tahun 2014, jelas dia, ada beberapa hal yang perlu disepakati. "Termasuk terkait pembangunan di Pura Agung Besakih yang selama ini belum dianggarkan," kata Gubernur menambahkan.




sumber : Antara Bali
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Dua Pemancing Tergulung Ombak Di Tanah Lot Masih Misteri

Dua Orang Hilang di Lautan Tanah Lot, Terungkap Fakta: Istri Melarang dan Pesan Perhatikan Ombak TABANAN - Sekitar sembilan jam lamany...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen