Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » , » Adu Kekuatan Niskala di Pilkada

Adu Kekuatan Niskala di Pilkada

Written By Dre@ming Post on Kamis, 22 Agustus 2013 | 6:54:00 AM

Semua pasangan Cabup-Cawabup menargetkan bisa meraih kemenangan dalam satu puraran saat Pilkada Klungkung, Jumat besok. Paket Anom-Regeg bahkan merasa yakin bisa menang satu putaran Pilkada. Menurut Ketua Tim Pemenangan Anom-Regeg, Sang Nyoman Putrayasa, target dan keyakinan menang satu putaran ini didasarkan peta perolehan suara PDIP mencapai 28 persen suara di Klungkung dalam Pileg 2009. Selain itu, kata Putrayasa, dalam Pilkada Klungkung 2008 lalu, Cabup-Cawabup yang diusung PDIP: Wayan Candra-Tjokorda Gede Agung berhasil meraih kemenangan dengan 35 persen. Sedangkan dalam Pilgub Bali, 15 Mei 2013 lalu, Paket PAS (Cagub-Cawagub yang diusung PDIP) meraih 38 persen suara di Klungkung (diungguli Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta yang meraup 62 persen suara di Klungkung). Putrayasa menegaskan, data-data tersebut membuktikan suara PDIP di Klungkung terus meningkat dalam setiap hajatan Pemilu. “Makanya, pada Pilkada Klungkung 2013 ini, kami targetkan minimal mempertahankan suara Pilgub Bali 2013 lalu, sehingga kami (Anom-Regeg) menang dalam satu putaran,” ujar Putrayasa. Di sisi lain, kubu Paket bagus juga mematok target menang satu putaran dalam Pilkada Klungkung 2013 besok. Gbr Ist
SEMARAPURA - Empat pasangan Cabup-Cawabup yang akan tarung di Pilkada Klungkung, 23 Agustus 2013 besok, melakukan pelbagai siasat untuk bisa memenangkan pertempuran. Salah satunya, adu kekuatan niskala dengan bersembahyang ke berbagai pura memasuki H-2 coblosan pada Purnamaning Karo, Rabu (21/8).

Seluruh pasangan Cabup-Cawabup Klungkung tangkil ke berbagai pura berbeda-beda bersama tim pemenangannya saat Purnamaning Karo yang jatuh pada rahina Buda Paing Landep, Rabu kemarin. Pasangan Tjokorda Bagus Oka-Ida Bagus Adnyana alias Paket Bagus (kandidat nomor urut 1 yang diusung Golkar-Demokrat-PKPB-PKPI), misalnya, melakukan persembahyangan secara estafet ke pura-puta di kawasan seberang Nusa Penida dan Klungkung Daratan. Pura di kawasan seberang Nusa Penida yang didatangi Paket Bagus untuk mohon restu Ida Batara, sejak Selasa (20/8), masing-masin Pura Puncak Mundi, Pura Penataran Ped, dan Pura Batu Medau. Rabu kemarin, persembahyangan dilanjutkan ke Klungkung Daratan, seperti Pura Goa Lawah, Pura Dasar Klungkung, Pura Watu Klotok, dan Pura Tirta Segening. Ritual serupa juga dilakukan pasangan AA Gde Anom-I Wayan Regeg alias Anom-Regeg (kandidat nomor urut 2 yang diusung PDIP diback-up PNIM). Pada Purnamaning Karo, Rabu kemarin, Anom-Regeg tangkil sembahyang kesejumlah pura di kawasan Kecamatan Nusa Penida.

Ketua Tim Pemenangan Anom-Regeg, Sang Nyoman Putrayasa, persembahyangan ke berbagai pura ini dilakukan sekaligus untuk memenuhi undangan simakrama dari warga sejumlah banjar dan desa di Nusa Penida. Menurut Putrayasa, persembahyangan yang dilakukan Anom-Regeg bersama timnya merupakan salah satu langkah terpenting untuk memenangkan Pilkada Klungkung, Jumat besok. “Jika tidak ada sih (perkenan) Ida Batara-Batari, apa pun yang kami lakukan tidak akan membuahkan hasil sesuai harapan,” ujar Putrayasa yang juga Plt Ketua DPRD Klungkung---menggantikan sementara AA Gde Anom yang masuk sebagai Cabup Klungkung. Putrayasa menegaskan, sembahyang merupakan salah satu kegiatan untuk penguatan keyakinan diri untuk memenangkan Pilkada. “Persembahyangan hari ini merupakan kelanjutan dari serangkaian persembahyangan Anom-Regeg dan tim pemenangan ke sejumlah pura di Bali sebelumnya,” tegas politisi PDIP asal Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini.

Pada hari yang sama, Rabu kemarin, pasangan Nyoman Suwirta-Made Kasta alias Suwasta (kandidat nomor urut 4 yang diusung Gerindra-PNBKI), juga tangkil ke Pura Pujut Gempel (Desa Pakraman Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung) dan Pura Kawitan Jelantik (di Kota Semarapura). Sebelumnya, Cabup Klungkung dalam Paket Suwasta, Nyoman Suwirta, yang dedengkot Koperasi ini telah melakukan persembahyangan ke sejumlah sejumlah pura di daerah asalnya, Kecamatan Nusa Penida. Sedangkan pasangan Tokorda Raka Putra-Putu Tika Winawan alias Paket Rasa (kandidat nomor urut 3 yang diusung Hanura-PDP), Rabu memarin melakukan persembahyangan ke Merajan Agung di Desa Pakraman Gelgel (Kecamatan Klungkung) dan Merajan Agung Puri Klungkung (Kecamatan Klungkung), serta sejumlah pura lainnya. Cabup Tjok Raka Putra yang notabene tokoh Puri Agung Klungkung juga nyejer banten pejati sebagai simbolis menstanakan Ida Batara di Pura Dalem Kerti, Desa Pakraman Gelgel.

Sementara itu, semua pasangan Cabup-Cawabup menargetkan bisa meraih kemenangan dalam satu puraran saat Pilkada Klungkung, Jumat besok. Paket Anom-Regeg bahkan merasa yakin bisa menang satu putaran Pilkada. Menurut Ketua Tim Pemenangan Anom-Regeg, Sang Nyoman Putrayasa, target dan keyakinan menang satu putaran ini didasarkan peta perolehan suara PDIP mencapai 28 persen suara di Klungkung dalam Pileg 2009. Selain itu, kata Putrayasa, dalam Pilkada Klungkung 2008 lalu, Cabup-Cawabup yang diusung PDIP: Wayan Candra-Tjokorda Gede Agung berhasil meraih kemenangan dengan 35 persen. Sedangkan dalam Pilgub Bali, 15 Mei 2013 lalu, Paket PAS (Cagub-Cawagub yang diusung PDIP) meraih 38 persen suara di Klungkung (diungguli Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta yang meraup 62 persen suara di Klungkung). Putrayasa menegaskan, data-data tersebut membuktikan suara PDIP di Klungkung terus meningkat dalam setiap hajatan Pemilu. “Makanya, pada Pilkada Klungkung 2013 ini, kami targetkan minimal mempertahankan suara Pilgub Bali 2013 lalu, sehingga kami (Anom-Regeg) menang dalam satu putaran,” ujar Putrayasa. Di sisi lain, kubu Paket bagus juga mematok target menang satu putaran dalam Pilkada Klungkung 2013 besok.

Ketua Tim Pemenangan Paket Bagus, Dewa Made Widiyasa Nida, menyatakan optimis target menang Pilkada satu putaran ini bakal terwujud. Widiyasa Nida menegaskan, kememangan satu putaran Pilkada ini didasarkan atas analisis modal politik awal yang dikantongi Paket Bagus menuju Pilkada Klungkung 2013. Paket Bagus punya modal politik awal 32,0 suara parlemen hasil Pileg 2009 di Klungkung, berdasarkan kursi yang diperoleh parpol pengusungnya: Golkar, Demokrat, PKPB, dan PKPI. “Kami juga punya hasil dua kali survei terhadap calon pemilih di Klungkung. Hasilnya, dalam dua kali survei itu, pemilih di Klungkung memenangkan Paket Bagus,” tandas Ketua DPD II Golkar Klungkung ini.


sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Titib Batal Gelar Diksa Pariksa, Ketua Panitia "Sayangkan" Pernyataan Ketua PHDI

Ida Bawati Made Titib bersama istrinya batal gelar diksa pariksa pad...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen