Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Itik dari Jawa Dilarang Masuk Bali

Itik dari Jawa Dilarang Masuk Bali

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 15 Desember 2012 | 1:08:00 AM

Sabtu, 15 Desember 2012 02:09

DENPASAR - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bali melarang perdagangan itik dari beberapa kawasan di Jawa masuk ke Pulau Dewata untuk menghindari terjangkitnya virus flu burung.

"Kami sudah memberi peringatan kepada pihak kabupaten agar lebih mengawasi peternakan itik di Bali, termasuk upaya tidak menerima daging yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta" kata Kepala Disnakeswan Provinsi Bali Putu Sumantra di Denpasar, Jumat (14/12).

Larangan itu dikeluarkan setelah terjadinya kematian massal itik di tiga provinsi tersebut sebulan terakhir. Pihaknya khawatir jika itik-itik yang sudah dicurigai terkena flu burung kemudian dipotong dan dijual ke Bali.

Sebenarnya larangan tersebut sudah dilakukan sejak dulu terhadap semua jenis unggas, namun kali ini larangan menjadi lebih spesifik lagi yakni semua peredaran bebek atau itik. "Larangan bebek atau itik masuk Bali juga berlaku bagi mereka yang memiliki izin dan dokumen resmi perdagangan bebek atau itik antarpulau. Kami sudah koordinasikan pula dengan petugas karantina dan kepolisian untuk secara tegas mengambil
tindakan," katanya.

Larangan tersebut bukan hanya berlaku bagi bebek atau itik yang masih hidup, melainkan daging itik olahan juga dilarang masuk ke Bali. Di sisi lain, pihaknya tidak khawatir di Bali akan kekurangan stok daging itik akibat kebijakan itu karena daging itik tetap akan terpenuhi dari peternak lokal.


Dre@ming Post______
sumber : MICOM
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Guru Piduka Dilaksanakan di Pura Penataran Agung Besakih Mohon GA Tak Meletus

Ritual guru piduka di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (18/11) Di...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen