Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Disnak Mulai Lakukan Pendataan

Disnak Mulai Lakukan Pendataan

Written By Dre@ming Post on Jumat, 14 Desember 2012 | 9:43:00 AM

Jumat,14 Desember 2012, 09:59

ilustrasi doktor hewan asing
DENPASAR - Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakanlut) Kota Denpasar, mulai melakukan pendataan pasca adanya keluhan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Bali. Keluhan itu terkait dengan mulai resahnya perhimpunan dokter hewan ini dengan keberadaan dokter hewan asing yang beroperasi tanpa izin.

Kepala Disnakanlut Kota Denpasar AA Bayu Bramastha, mengatakan secara resminya pihaknya belum menerima laporan dari PDHI Bali, namun demikian karena ada keluhan itu kini pihaknya akan melakukan pendataan keberadaan dokter hewan asing. “Kalau dibilang prakteknya di luar Denpasar, kami di Denpasar tetap akan memantau,” katanya, Kamis (13/12). Pemantauan ini kata dia untuk mengantisipasi dokter yang bersangkutan beroperasi di Denpasar. Dia pun mengaku pasca informasi tersebut sudah menurunkan tim untuk mengeceknya.

Pun demikian terkait perizinan kata dia, dari Disnak sendiri tidak pernah mengeluarkan rekomendasi izin kepada dokter hewan asing. Terlebih sebelum mengeluarkan izin, dokter yang bersangkutan harus mendapatkan surat rekomendasi dari pengurus besar (PB) PDHI. Nah, hingga saat ini tidak ada keluar rekomendasi dari pusat.

“Kalau tanpa rekomendasi dari pusat, kami tidak memberikan izin untuk membuka praktek di sini,” imbuh mantan Sekretaris Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kota Denpasar ini. Terkait dengan adanya klinik, pihaknya berkomentar tetap harus ada pemantauan untuk memastikan operasional praktiknya
sudah sesuai dengan izin yang diberikan atau tidak.

Sebelumnya, pengurus PDHI Bali menyatakan keberataannya terkait dengan mulai adanya dokter hewan asing yang sudah beroperasi di Bali. Mereka mengkwatirkan invansi dokter asing itu akan menjadi pintu pembuka masuknya dokter-dokter hewan asing lain menuju Bali. “Kalau yang kami lihat sendiri sudah ada beberapa yang praktik di Kuta dan Gianyar, yang di Kuta ini bahkan sudah beroperasi di Denpasar seperti Sanur dan daerah lainnya,” kata pengurus PDHI Bali drh Made Restiati.

Untuk itulah mereka meminta tindakan tegas dari pemerintah dalam hal ini Disnakanlut untuk menertibkan keberadaan mereka yang disebut belum mengantongi izin.

Versi PDHI kehadiran dokter asing selain harus mengantongi izin, juga harus dokter spesialis yang dianggap di Indonesia tidak ada dokter yang punya keahlian yang dimiliki dokter yang bersangkutan. Namun yang terjadi saat ini kata mereka, dokter hewan asing tersebut keahliannya juga dimiliki oleh dokter hewan lain di Indonesia. 

sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Terjadi Letusan Gunung Agung 21 November 2017 pukul 17:05 WITA

Gunung Agung Terjadi letusan Gunung Agung pada pukul 17:05 WITA. Letusan diawali oleh Gempa Tremor Low-Frequency. Asap teramati berteka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen