Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Pastika-Puspayoga Menuju Head to Head

Pastika-Puspayoga Menuju Head to Head

Written By Dre@ming Post on Jumat, 02 November 2012 | 8:04:00 AM

Jumat, 2 Nopember 2012, 08:09

DENPASAR - Laga Pilgub Bali 2013 kemungkinan besar akan diwarnai tarung head to head antara dua kandidat incumbent: Made Mangku Pastika (Gubernur Bali saat ini) vs AA Ngurah Puspayoga (kini Wakil Gubernur Bali). Pasalnya, DPP PDIP dipastikan bakal merekomendasi Puspayoga sebagai Calon Gubernur (Cagub). Sedangkan Pastika kemungkinan akan diusung Golkar bersama parpol koalisi.

Sejauh ini, DPP PDIP memang belum resmi mengeluarkan rekomendasi Cagub Bali untuk Pilgub 2013. Namun, Ketua DPD PDIP Bali AA Ngurah Oka Ratmadi alias Cok Rat menegaskan partainya sudah merestui Puspayoga (elite PDIP yang notabene adik kandung Cok Rat) sebagai Cagub ke Pilgub 2013. Menurut Cok Rat, rekomendasi Cagub Bali 2013 bagi Puspayoga rencananya akan diturunkan DPP PDIP, Desember 2012 nanti.

“Sudah Jung (panggilan akrab Puspayoga) yang dapat rekomendasi sebagai Cagub Bali 2013,” tandas Cok Rat yang juga Ketua DPRD Bali ketika menunggu kedatangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk kundangan adat di rumah Bupati Klungkung Wayan Candra di Puri Cempaka, Desa gunaksa, Kecamatan Klungkung, tepatnya Jalan Bypass Prof Dr Ida Bagus Mantra, Kamis (1/11) siang.

Cok Rat tidak mau menejlaskan apa alasan DPP PDIP memberikan rekomendasi Cagub Bali kepada Puspayoga. Namun, Cok Rat kembali menegaskan Puspayoga sudah direstui, sekarang tinggal menentukan wakilnya saja (Cawagub). “Wakilne sing dadi orahang (wakilnya tidak boleh dibilang). Sudah Jung yang dapat rekomendasi Cagub Bali,” tegas politisi sepuh PDIP asal Puri Satria Denpasar ini. Ketika didesak apakah sudah ada salinan rekomendasi dari DPP PDIP, menurut Cok Rat, rekomendasi akan turun pada Desember 2012 depan. Kader-kader PDIP di Bali pun layak mengamankan rekomendasi DPP PDIP. “Sekarang belum terima (rekomendasi), tapi Desember depan sudah pasti turun,” imbuh mantan Bupati
Badung yang gagal maju ke Pilgub Bali 2003 ini.

Betulkah? Keterangan dari DPP PDIP justru berbeda. DPP PDIP menegaskan masih menunggu hasil survei kandidat untuk menjatuhkan rekomendasi Cagub Bali ke Pilgub 2013. Menurut Sekjen DPP PDIP, Tjahjo Kumolo, ada tiga kandidat yang disurvei DPP PDIP. Mereka adalah kandidat Cagub yang namanya disetorkan Tim Penjaringan Calon DPD PDIP Bali ke DPP PDIP, yakni Mangku Pastika, AAN Puspayoga, dan Wayan Candra (Bupati Klungkung yang Ketua DPC PDIP Klungkung.

Jadi, menurut Tjahjo, hingga saat ini belum ada rekomendasi Cagub Bali 2013 dari DPP PDIP. ”Masih disruvei nama-nama kandidat yang diajukan dari DPD PDIP Bali,” tegas Tjahjo menjawab di sela-sela mendampingi Megawati kundangan adat di rumah Bupati Candra, Kamis siang.

Berbeda dengan Cok Rat, Tjahjo menyatakan kalau tidak ada halangan, rekomendasi Cagub Bali baru akan diturunkan DPP PDIP, Januari 2013 mendatang. Karenanya, kader PDIP diminta sabar menunggu hasil survei. “Paling lambat, Januari nanti. Sekarang survei masih berjalan,” ujar mantan Ketua Fraksi PDIP DPR ini. Sementara, dukungan kepada Puspayoga mengalir dari kalangan Fraksi PDIP DPR Dapil Bali. Salah satunya, dialirkan I Gusti Agung Rai Wirajaya, politisi PDIP asal Denpasar yang duduk di Komisi XI DPR. Menurut Rai Wirajaya, PDIP di Denpasar sudah bulat mendukung Puspayoga. “Kalau soal rekomendasi, itu keputusan tertinggi partai. Apa pun nanti hasilnya, kami sebagai kader harus mengamankan,” ujar Rai Wirajaya yang kemarin siang juga kundangan adat di kediaman Bupati Candra.

Jika benar apa yang disampaikan Cok Rat bahwa rekomendasi Cagub Bali 2013 dijatuhkan ke Puspayoga, maka Pilgub 2013 mendatang hampir dipastikan akan ditandai tarung head to head antara Pastika vs Puspayoga. Sebelunya, Pastika sudah mengumumkan akan maju sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2013, meski belum jelas kendaraan politiknya. Jika tidak ada Mercedez (maksudnya partai besar PDIP), naik mobil Esemka (maju lewat partai lain) pun tak masalah bagi Pastika.

Ada kemungkinan Pastika nantinya akan diusung Golkar berkoalisi dengan parpol lain seperti Demokrat dan Gerindra. Selentingan yang beredar, ada gerakan massif parpol-parpol untuk keroyok PDIP di Pilgub Bali, 15 Mei 2013 mendatang. Golkar sendiri sejak awal mengincar Pastika dan siap menyambarnya jika kandidat incumbent ini didepak PDIP. Bahkan, DPD II Golkar Klungkung sudah bulat putuskan usung Pastika sebagai Cagub Bali 2013, melalui rapat pleno diperluas, sepekan yang lalu.

Sementara itu, dalam pemandangan umumnya pada Rapimnas IV Golkar di Jakarta, Rabu (31/10), DPD I Golkar Bali desak DPP Golkar agar segera menerbitkan rekomendasi Cagub Bali 2013. Juru Bicara DPD I Golkar Bali yang sekaligus membacakan pemandangan umum saat itu, Ngakan Dewa Rai Budiasa, menegaskan partainya tidak mau lagi lama-lama menggantung kandidat yang akan diusung sebagai Cagub 2013.

“Dalam pemandangan umum, kami mendesak DPP Golkar segera menerbitkan rekomendasi Cagub Bali,” ujar Rai Budiasa. ”Kami secara langsung memang tidak menyebutkan nama kandidat Cagub Bali. Tapi, kami desak DPP PDIP untuk segera turunkan rekomendasi,” imbuhnya.

sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Gunung Agung Status Awas, Area Steril 12 Km, Pengungsi Diperkirakan 100 Ribu Orang

Bupati Mas Sumantri saat kunjungi warganya yang mengungsi di Buleleng (kiri). Walikota IB Rai Mantra saat mengunjungi pengungsi di kawasan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen