Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Gubernur Siap Lantik Ulang Bupati

Gubernur Siap Lantik Ulang Bupati

Written By Dre@ming Post on Selasa, 07 Agustus 2012 | 7:16:00 AM

Selasa, 7 Agustus 2012, 07:09

Mangku Pastika dan AA Puspayoga
DENPASAR - Sehari setelah pulang pasca menjalani perawatan selama 25 hari di RS Mount Elizabeth Singapura, Made Mangku Pastika kembali menjalankan tugasnya selaku Gubernur Bali, Senin (6/8). Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menjadi tamu pertama yang diterima Gubernur Pastika kemarin. Dalam pertemuan itu, mereka membahas kemungkinan pelantikan ulang Bupati-Wakil Bupati Buleleng 2012-2017.

Gubernur Pastika menerima Bupati Agus Suradnyana di Rumah Jabatan Gedung Jayasabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Senin pagi sekitar pukul 10.15 Wita. Pastika yang baru malam sebelumnya pulang dari Singapura, kemarin didampingi Kepala Biro Humas Pemprov Bali, I Ketut Teneng. Pertemuan Gubernur Pastika dan Bupati Agus Suradnyana berlangsung singkat, hanya sekitar 20 menit.

Agus Suradnyana selaku Bupati Buleleng 2012-2017 secara khusus menemui Gubernur Pastika terkait masalah pelantikan sebelumnya. Maklum, pasangan Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (pemenang Pilkada 2012 yang diusung PDIP) sebelumnya dilantik Wakil Gubernur Bali AA Ngurah Puspayoga, 24 Juli 2012 lalu, lantara Gubernur Pastika selaku pejabat yang berwenang sedang berhalangan. Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Buleleng oleh Wagub Bali itu kemudian menuai pro dan kontra, karena dianggap bertentangan dengan aturan. Sebelum Muspida Buleleng memutuskan pelantikan tetap jalan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) yang menetapkan Sekkab Dewa Ketut Puspaka sebagai Pelaksana Harian (PLH) Bupati Buleleng, untuk menghindari terjadinya kekosongan jabatan. Toh, pelantikan tetap dilakukan. Kini, setelah pulang ke Bali dari Singapura, Gubernur Pastika pun menyatakan kesiapannya untuk melantik ulang Bupati-Wakil Bupati Buleleng 2012-2017, jika hal itu sudah menjadi keputusan Kemendagri berdasarkan ketentuan Undang-undang. Namun, Pastika mengaku lebih dulu akan
bertemu Dirjen Otonomi Daerag (Otda) Kemendagri, Prof Dr Djoe Hermansyah.

Menurut Pastika, dalam pertemuannya dengan Dirjen Otda Kemendagri nanti, akan dicek kembali sah tidaknya pelantikan pasangan Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra sebagai Bupati-Wakil Bupati Buleleng 2012-1017. "Besok (hari ini) Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri akan ke Bali,” jelas Pastika saat pertemuan dengan para pimpinan SKPD lingkup Pemprov Bali di Gedung Jayasabha Denpasar, Senin siang, setelah menerima kedatangan Bupati Agus Suradnyana.

“Saya akan bertemu dulu dengan Dirjen untuk mengecek apakah sudah cukup atau belum pelantikan Bupati-Wakil Bupati yang sudah berjalan (24 Juli 2012). Jika berdasarkan Undang-undang ternyata dinyatakan belum cukup, nanti saya lantik lagi," lanjut Pastika.

Sedangkan saat bertemu Bupati Agus Suradnyana kemarin pagi, Pastika menyampaikan terimakasih kepada krama Buleleng, karena sudah sukses melaksanakan Pilkada 2012 dengan lancar, aman, dan damai. Pastika juga mengapresiasi pelantikan Bupati-Wakil Bupati Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra yang semuanya berjalan dengan damai.

Gubernur Pastika sendiri berencana akan pulang ke Buleleng untuk sembahyang di kampung halamannya di kawasan Gerokgak. “Nanti beliau (Pastika) akan pulang ke Buleleng sembari sembahyang dan sekaligus akan dipikirkan proses selanjutnya. Pak Gubernur tidak keberatan melakukan proses administrasi, bahkan pelantikan ulang untuk mengesahkan sesuai dengan aturan,” ujar Bupati Agus Suradnyana seusai bertemu Pastika, Senin kemarin.

Soal kapan pelantikan susulan akan dilakukan Gubernur Pastika, menurut Agus Suradnyana, tergantung nanti hasil konsultasi dengan Kemendagri. “Kita belum tahu kapan pelantikan, karena akan dikonsultasikan dengan Kemendagri. Dirjen Otda Kemendagri kan mau ke Bali,” jelas politisi senior PDIP asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang sempat tiga kali periode menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Bali ini. 


sumber : NusaBali
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

Guru Piduka Dilaksanakan di Pura Penataran Agung Besakih Mohon GA Tak Meletus

Ritual guru piduka di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (18/11) Di...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen