Menyingkap Berita Tanpa Ditutup Tutupi
Home » » Satu-satunya Tim Kesenian Luar Negeri , Malaysia Ikuti Pawai Budaya di Bali

Satu-satunya Tim Kesenian Luar Negeri , Malaysia Ikuti Pawai Budaya di Bali

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 11 Juni 2011 | 5:55:00 AM

Sabtu, 11 Juni 2011 | 06:09 WIB

DENPASAR - Tim kesenian Malaysia mengikuti pawai budaya yang akan mengawali pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 selama sebulan penuh yang dimulai 10 Juni 2011.

"Tim itu merupakan satu-satunya tim kesenian luar negeri yang tampil dalam atraksi pawai budaya di sela-sela penampilan duta seni dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Ketut Suastika, SH
di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, tujuh grup kesenian dari lima negara akan turut memeriahkan aktivitas seni tahunan di Pulau Dewata, namun hanya Malaysia yang tampil dalam atraksi pawai budaya.

Enam grup kesenian lainnya hanya tampil dalam acara pementasan di Taman Budaya Denpasar, tempat PKB berlangsung, dengan jadwal yang telah diatur sedemikian rupa dengan penampilan 334 kesenian di Pulau Dewata.

Grup kesenian luar negeri yang tampil dalam PKB terdiri atas Jepang tiga grup, serta satu grup dari Amerika Serikat, India, Australia dan Malaysia.

Tim kesenian Malaysia dalam pawai budaya tersebut menampilkan "Wau Bulan", sebuah persembahan seni budaya yang selama ini sangat dikenal masyarakat negeri jiran itu.

Delegasi yang diwakili utusan sebuah perguruan tinggi seni di negeri itu (UPSI) dengan mengenakan busana tata rias, props dan lagu Wau Bulan menyambut musim manusal.

Wau Bulan merupakan sebuah layang-layang yang dibuat dari kertas dan bulu dimainkan oleh orang Melayu. Penampilan duta seni Malaysia di tengah-tengah dari sembilan duta seni delapan kabupaten dan satu kota di Bali.

Kegiatan pawai kali ini menurut I Ketut Suastika, tidak dilaksanakan secara seremonial untuk memberikan kebebasan kepada masyarakat dan seniman berapresiasi secara penuh.

Pawai sebagai atraksi arak-arakan seni budaya, juga dimaksudkan untuk memelihara identitas dan membangun kekhasan seni budaya di masing-masing Kabupaten/Kota.

PKB yang akan berlangsung selama sebulan, mulai 10 Juni 2011 mengusung tema "Desa Kala Patra" Adaptasi diri dalam multikultura, masing-masing kabupaten/kota melakukan persiapan secara matang.

Lima agenda pokok PKB, selain pawai budaya juga pementasan berbagai jenis lesenian, pameran industri kecil dan keajinan rumah tangga, perlombaan, sarasehan dan festival film dokumenter.

Pagelaran yang menjadi salah satu agenda PKB melibatkan 334 sekea kesenian melibatkan sekitar 15.000 seniman, menampilkan berbagai jenis kesenian, mulai dari tradisional, pengembangan dan kesenian unggulan, tutur Ketut Suastika.




Dre@ming Post______
sumber : kompas
Share this article :

Menuju Bali I 2018

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Hot Post

PVMBG Belum Pastikan Penurunan Status, GA Masih Alami Erupsi

Visual gunung agung dari desa Suwat Gianyar sabtu(16/12) pada pukul 6.00 dan pukul 7.30 wita Hembusan asap berwarna putih dan kelabu ...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bali - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen